Moditifikasi Taskbar Windows 10

Pembahasan : Menambahkan Toolbar, Edit Windows Search & Task View, Mengatur Tampilan Aplikasi, Edit Taskbar, Edit Icon Apps Taskbar, Ubah Posisi Taskbar, Lock Taskbar.

Sedikit mengulas pembahasan artikel sebelumnya, taskbar merupakan salah satu interfaces windows yang berfungsi untuk menampilkan icon aplikasi yang sedang di gunakan / yang sengaja di tambahkan oleh user untuk mempermudah pengoperasian computer. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai taskbar, adapun pembahasan kali ini adalah penjelasan mengenai navigasi yang muncul ketika kita klik kanan task bar yang dapat kita gunakan salah satunya untuk mengunci dan membuka taskbar, mengubah ukuran dan posisi taskbar, menampilkan toolbar tambahan di taskbar, mengubah ukuran dan posisi Toolbar. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah klik kanan area kosong taskbar, sehingga akan muncul navigasi seperti ini :
Navigasi Klik Kanan Taskbar

A.  Toolbars
Sebuah navigasi yang berfungsi menambahkan fitur / toolbar baru ke taskbar. Di navigasi ini ada 5 toolbar default yang bisa kita gunakan, seperti :

A1. Address 
Menampilkan sebuah kolom alamat url sama seperti kolom url pada web browser, jika kita mengetikan sebuah alamat situs / keyword maka secara otomatis web browser default anda akan berjalan dan membuka alamat yang di tuliskan.

A2. Links
Menampilkan konten dari folder tautan internet explorer sebagai toolbar.

A3. Energy Manager
Menampilkan Daya Baterai dengan tampilan yang lebih keren.

A4. PowerDVD
Hanya bisa di gunakan pada versi windows tertentu saja, windows yang saya gunakan tidak mendukung PowerDVD ini.

A5. Desktop
Menampilkan semua icon yang ada pada Desktop, icon OneDrive, User Profile komputer, This PC, Libraries, Network, Control Panel.

A6. New Toolbar
New Toolbar
Selain ke lima toolbar default tersebut anda bisa menambahkan toolbar lainya yang bisa anda buat sendiri, caranya klik New Toolbar pada bagian bawah navigasi, lalu pilih folder yang akan di jadikan toolbar, jika sudah klik “Select Folder”, di sini saya memilih Folder Blues Pedia.

Navigasi Toolbar jika di tambahkan
Address - Links - Energy Manager - Desktop - New Toolbar
B. Search
Navigasi yang di gunakan untuk menyembunyikan dan mengubah tampilan dari fitur search windows, di navigasi ini ada 3 option yang bisa kita pilih yaitu :
Option dari Navigasi Search
B1. Hidden
Menyembunyikan / menghilangkan fitur windows search .

B2. Show Search Icon
Menampilkan fitur search windows dengan tampilan sebuah Icon
Windows Search Icon
B3. Show Search Box
Menampilkan fitur search windows dengan tampilan sebuah Box
Windows Search Box
C. Show Task View Button
Menampilkan / Menyembunyikan Task View
Icon dari Task View
Artikel Terkait :
🔃Pembahasan Lengkap Task View dan Kelebihanya

D. Show Touch Keyboard Button
Menampilkan / Menyembunyikan Touch Keyboard, keyboard yang di buat khusus untuk perangkat layar sentuh, Icon Touch keyboard akan tampil di sebelah kanan taskbar tepatnya di sebelah waktu.
Untuk tampilan dari Touch Keyboard itu sendiri, jika kita klik iconnya akan seperti ini :
Icon Touch Keyboard
Touch Keyboard
E. Cascade Windows
Membuat Tampilan jendela aplikasi yang sedang di gunakan menjadi sebuah list yang berjajar rapi.
Cascade Windows
F. Show Windows Stacked
Membagi jendela aplikasi secara horizontal / memanjang yang di mulai dari bagian atas.
Windows Stacked
G. Show Windows Side By Side
Membagi jendela aplikasi secara Vertikal yang di mulai dari bagian samping kiri.
Windows Side By Side
H. Show The Desktop
Meminimize semua aplikasi yang sedang berjalan, dan menampilkan layar desktop saja.

I. Show Open Windows
Menampilkan aplikasi yang sedang berjalan ke ukuran semula, navigasi ini akan muncul jika kita telah menggunakan navigasi Show The Desktop atau semua aplikasi yang di gunakan dalam keadaan minimize.

J. Undo …….
Untuk navigasi undo ada 3 kemungkinan yang akan muncul, hal itu tergantung dari navigasi yang telah di gunakan, fungsinya yaitu mengembalikan ukuran jendela aplikasi ke ukuran semula.
  • Jika kita menggunakan navigasi Cascade Windows sebelumnya maka akan muncul navigasi Undo Cascade All Windows.
  • Jika menggunakan navigasi Show Windows Stacked maka akan muncul Undo Show All Windows Stacked
  • Begitu juga jika kita menggunakan navigasi Show Windows Side By Side maka Undo Show All Windows Side By Side yang akan muncul.
K. Task Manager
Menampilkan fitur dari Task Manager. (Pembahasan lengkapnya menyusul ya)

L. Lock The Taskbar
Navigasi yang berfungsi untuk mengunci dan membuka taskbar, Dalam keadaan terkunci taskbar tidak bisa di modifikasi seperti mengubah ukuran taskbar dan mengaubah posisi icon aplikasi yang ada. Jadi jika kita setting taskbar dalam keadaan tidak terkunci maka kita bisa memoditifikasinya, berikut caranya :
    Perbadingan Lock Taskbar dengan Unlock Taskbar
  1. Pertama hilangkan tanda Navigasi Lock The Taskbar, maka tampilan dari taskbar akan berubah seperti gambar di atas.
  2. Untuk mengubah ukuran taskbar anda hanya perlu mengarahkan kursor ke garis tepi taskbar / sampai kursor berubah menjadi icon panah, lalu klik dan seret untuk menyesuaikan ukuranya.
  3. Untuk mengubah posisi Icon aplikasi, cukup dengan klik dan tahan icon aplikasi yang ingin di pindahkan, lalu geser / pindahkan aplikasi ke posisi yang anda inginkan.
  4. Sedangkan untuk mengubah batas aplikasi / fitur, arahkan kursor ke pembatas (lihat gambar perbandingan yang di beri bingkai biru), lalu klik dan seret untuk menyesuaikan ukuranya.
M. Properties
Properties merupakan navigasi yang menampilkan pengaturan tambahan pada taskbar, dengan navigasi ini kita bisa mengubah posisi taskbar, icon aplikasi dan hal lainya. Gambar di bawah ini adalah gambar dari tampilan Properties Taskbar :
Taskbar Properties
M1. Tab Taskbar
a. Lock The Taskbar
Sama fungsinya dengan pembahasan (Poin L. Lock The Taskbar)

b. Auto-Hide The Taskbar
Menyembunyikan taskbar secara otomatis, jika kursor tidak di arahkan ke taskbar maka taskbar tidak akan terlihat, dan sebaliknya jika kursor di arahkan ke taskbar secara otomatis taskbar akan muncul.

c. Use Small Taskbar Buttons
Mengubah ukuran icon aplikasi pada taskbar menjadi kecil.

d. Taskbar Location
Default posisi taskbar adalah berada di bagian bawah, dengan pengaturan ini kita bisa menmpatkan taskbar di posisi lain, posisi yang di sediakan ada 4, yaitu di bagian bawah (Bottom), Atas (Top), Kiri (Left) dan kanan (Right)

e. Taskbar Buttons
Mengatur tampilan icon aplikasi di taskbar, untuk tampilanya ada 3 option yaitu :

  • Always combine, Hide Labels : Menggabungkan icon aplikasi apabila menjalankan sebuah aplikasi yang sama lebih dari satu, dan menyembunyikan nama dari aplikasi yang sedang di buka.
  • Combine When Taskbar Is Full : Hampir sama dengan always combine, namun bedanya jika always combine akan selalu mengabungkan aplikasi baik ketika renggang / penuh aplikasi yang di jalankan. Untuk Combine Full, aplikasi akan di gabungkan jika keadaan taskbar sudah penuh dan nama dari aplikasi yang di buka pun akan di tampilkan.
  • Never Combine : Tidak akan menggabungkan aplikasi baik ketika renggang atau pun penuh, nama aplikasi akan selalu di tampilkan
f. Notification Area
Mengatur tampilan dari notifikasi area, pembahasan lengkapnya akan saya jelaskan di artikel berikutnya bersamaan dengan Taskview, Multiple Desktop / Virtual Desktop dan penjelasan mengenai windows Eplorer.

M2. Tab Navigation
Di tab ini hanya ada satu pengaturan, dimana jika kita tandai pengaturan ini, maka tampilan ketika kita klik kanan icon star menu atau menekan tombol kombinasi windows + X, navigasi Command Prompt akan di ganti dengan Windows Power Shell.

M3. Tab Toolbar
Fungsi dari tab toolbar ini sama dengan fungsi navigasi yang ada pada saat ketika kita klik kanan taskbar (Poin A. Toolbar)
Catatan :
Klik Apply untuk melihat perubahanya.
Klik OK menyimpan dan menerapkan perubahan
Klik Cancel untuk tidak melakukan perubahan apa-pun
Itulah pembahasan kali ini mengenai navigasi yang ada ketika kita klik kanan taskbar, dengan navigasi tersebut kita bisa memoditifkasi tampilan taskbar seperti yang kita inginkan, sehingga bisa membuat kita lebih nyaman ketika menggunakan computer, masih dengan tema yang sama yaitu taskbar, artikel selanjutnya akan saya bahas mengenai cara menggunakan Windows Search, Task View, Virtual Desktop / Multiple Desktop, Notification Area dan penjelasan mengenai Windows Explorer. Jangan lupa di Share ya :D agar admin bisa lebih bersemangat untuk menuliskan artikel lainya secara lengkap dan detail, Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Moditifikasi Taskbar Windows 10"

Post a Comment