Cara Setting Access Point TP Link Untuk Hotspot Mikrotik #Part2

Konfigurasi hotspot mikrotik RB951 dan menghubungkanya dengan TP-Link MR3420 sebagai Access Point (Mode Bridge) sehingga user akan mendapatkan IP dari mikrotik. 
>>> Video Tutorialnya ada di bawah ya dengan durasi 29:29 Menit <<<

Hai sobat Blues Pedia, ketemu lagi dengan admin deh :D.
Di tutorial sebelumnya kita sudah setting sedemikian rupa hotspot mikrotik yang akan di gabungkan dengan Tp Link, mulai dari Login mikrotik sampai Setting Hotspot. Nah pada tutorial kali ini kita akan setting Tp Link yang akan di jadikan access point untuk meneruskan koneksi internet ke client via wifi dengan konfigurasi IP berasal dari DHCP Server Mikrotik, pembahasan lengkap tutorial sebelumnya bisa kalian lihat di link berikut :
Artikel Sebelumnya :
Cara Setting Hotspot Mikrotik Dengan Access Point Tp Link



Gambar di atas adalah topologi jaringan dari konfigurasi yang akan kita buat, dimana :

➤ Settingan Hotspot Mikrotik
IP Address
     ➞ Ether 1 Ke ISP / Internet dengan konfigurasi DHCP Client
      Ether 3 Ke Tp Link dengan IP 192.168.201.1/24

 Konfigurasi DHCP Client, DNS, IP Route, NAS Masquearde
 Konfigurasi Hotspot
      Interfaces : Ether 3
      IP Address : 192.168.201.1
      DHCP Server : 192.168.201.3 - 192.168.201.100
      Local DNS Hotspot = hotspot.bluespedia.xyz
      Username Hotspot User = Miftah
      Password Hotspot User = BluesPedia

➤ Settingan TP Link
 Menghubungkan Tp Link dengan Komputer
 Login Tp Link
 Konfigurasi IP LAN TP Link
 DHCP Server Disable
 Konfigurasi Wireless
 Menghubungkan TP-Link dengan Mikrotik
 Membuat Password Wifi Tp Link
 Ubah Username dan Password Tp Link

Sebelum kita mulai tutorialnya, pastikan kalian sudah setting mikrotiknya, minimal settingan-setingan yang sudah saya sebutkan di atas, jika sudah berikut tutorialnya :

Konfigurasi TP-Link
Sebelum kita ke pembahasan, coba perhatikan terlebih dahulu gambar berikut ini :

Gambar di atas adalah gambar bagian bawah dari TP-Link MR3420 3G/4G Wireless N Router yang saya gunakan, seperti yang kalian lihat di bagian bawah Tp-Link ada beberap informasi yang bisa kita dapatkan, diantaranya :
➥ Jenis = 3G/4G Wireless N Router
➥ Model = TP-Link MR3420,
➥ Wireless Password (Default) = 50608232
➥ SSID (Default) = Tp-Link_79AB
➥ Username (Default) = admin
➥ Password (Default) admin

I. Menghubungkan TP-Link dengan Komputer
Secara default ketika kita menghidupkan TP-Link, maka secara otomatis komputer akan mendeteksi adanya sinyal Wifi dari TP-Link yang di hidupkan, contohnya Tp-Link_79AB

Jika sudah terdeteksi, hubungkan dengan wifi tersebut dan masukan passwordnya, (jika di minta password), password Wifinya bisa kalian lihat di bagian bawah TP-Link.

J. Konfigurasi IP Komputer
Jika sudah terhubung, pastikan atau ubah pengaturan IP di komputer adalah "Obtain" agar mendapatkan IP dari tp-link, caranya :

1. Membuka Halaman Control Panel
Klik logo windows lalu tuliskan "control panel", klik navigasi control panel di hasil pencarian

2. Membuka Halaman Network & Sharing Center
Masih di halaman control panel, tuliskan kata "Network" di kolom pencarian (sebelah ujung kanan atas), lalu klik navigasi "Network and Sharing Center"

3. Membuka Halaman Change Adapter
Di halaman Network & Sharing Center lihatlah ke sebelah kiri, di sana kalian akan melihat beberapa navigasi, salah satu diantaranya klik "Change Adapter"

4. Menampilkan Pengaturan IP User
Klik kanan icon jaringan LAN, lalu pilih properties > Tab Networking > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

5. Konfigurasi IP Client
Di halaman Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), pilih option "Obtain an IP address automatically" dan "Obtain DNS server address automatically", jika sudah klik OK.

Setelah itu tunggu beberapa detik, lalu klik kanan kembali icon jaringan LAN dan pilih "status", jika komputer mendapatkan IP dari TP-Link , (contohnya seperti gambar di bawah) maka komputer sudah terhubung dengan Tp-Link.

K. Login TP-Link
Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, IP default gateway dari TP-Link yang saya gunakan adalah 192.168.0.1. Setelah komputer berhasil mendapatkan IP Default dari TP-Link, buka web browser lalu tuliskan alamat IP gateway TP-Link, jika alamat IP yang di tuliskan benar maka akan muncul halaman login seperti ini :

Jika sudah muncul halam login seperti gambar di atas, tuliskan user dan password TP-Link, atau secara default user = admin dan password = admin.

L. Konfigurasi IP
Di halaman utama Tp-Link, klik menu advanced > Navigasi Network > LAN
Lalu isi kolom IP Address dengan IP yang satu segmen dengan mikrotik, contohnya dalam tutorial ini Interfaces Mikrotik yang terhubung dengan TP-Link adalah ether3 dengan IP 192.168.201.1 maka saya akan mengisinya dengan IP 192.168.201.2 (perhatikan settingan DHCP Server Mikrotik).
Isi subnet mask dengan 255.255.255.0, jika sudah klik "save" dan tunggu sampai proses reboot selesai.

M. Login Kembali
Setelah proses reboot selesai, buka kembali halaman login Tp-Link, namun untuk membukanya kita tidak bisa mengakses IP 192.168.0.1 lagi, karena konfigurasi LAN nya sudah berubah, maka dari itu tuliskan IP Tp-Link yang baru yaitu 192.168.201.2, jika halaman login sudah terbuka loginlah dengan username dan password Tp-Link.

N. DHCP Server Disable
Klik menu advanced > klik navigasi Sub menu DHCP > DHCP Setting, lalu ubah optionya menjadi "Disable", dan jika sudah klik "Save", lalu restart kembali TP-Link dengan cara klik navigasi "Click Here" dan klik "Reboot". Tunggu sampai proses reboot selesai dan login kembali
O. Konfigurasi Wireless
Masih di menu Advanced >klik Sub menu Wireless 2,4 GHz > Wireless Setting. Lalu ubah kolom Wireless Network Name dengan nama SSID / Wifi yang akan kita gunakan, dalam tutorial ini saya beri nama "Wifi Blues Pedia" lalu klik Save, untuk kolom lainya abaikan saja / biarkan default.

Jika konfigurasi ini berhasil, maka secara otomatis kita tidak akan bisa mengakses Tp-Link, hal itu karena SSID nya berubah, lanjut ke langkah selanjutnya.

P. Menghubungkan TP-Link Dengan Mikrotik
Setelah komputer berhasil terhubung kembali dengan Tp-Link dan Agar konfigurasi IP user berasal dari DHCP Server mikrotik, maka hubungkan port mikrotik yang sudah di konfigurasi atau dalam tutorial ini ether3 dengan salah satu port di TP-Link, tapi jangan di port ke 1 atau WAN ya (warna biru), gunakan salah satu dari port 2,3,4,5 (warna kuning).
Atas Mikrotik - Bawah Tp-Link
Q. Cek Konfigurasi Hotspot User
langkah selanjutnya yaitu menghubungkan komputer dengan SSID TP-Link yang baru atau "Wifi Blues Pedia". Jika kalian sudah menghubungkan mikrotik dengan TP-Link pada port yang benar, maka secara otomatis ketika komputer terhubung dengan wifi Tp-Link maka user tersebut akan mendapatkan IP dari DHCP Mikrotik, silahkan cek IP yang di dapatkan user, untuk langkah-langkahnya sama seperti poin J. Konfigurasi IP Komputer.

R. Login Hotspot
Setelah User berhasil mendapatkan IP dari mikrotik, cobalah akses alamat hotspot mikrotik yang tadi di buat di web browser, dalam tutorial ini saya buat hotspot.bluespedia.xyz dan loginlah menggunakan user hotspot yang sudah di buat dan pastikan user bisa menggunakan internet ya.
S. Security Wireless
Jika kita ingin mengubah password wifi tp-link atau tidak ingin menggunakannya, login kembali ke TP-Link, lalu klik menu Advanced > klik Sub menu Wireless 2,4 GHz > Wireless Security

Di halaman wireless security, jika kita tidak ingin menggunakan password pilih option yang pertama yaitu "Disable Security". Tetapi jika kita ingin menggunakan password atau mengubah passwordnya, pilih option yang ke dua yaitu "WPA/WPA2 - Personal (Recomended)" dan ubah kolom wireless password dengan password wifi Tp-Link yang kita inginkan dan jangan lupa klik Save ya.

T. Ubah User dan Password TP-Link
Sampai disini konfigurasinya sudah selesai, bagi kalian yang ingin mengubah username dan password login Tp-Link, kalian bisa mengubahnya di menu Advanced > Sub Menu System Tools > Password lalu isi kolom yang tersedia sesuai keinginan.
Old user name = user name yang lama
 Old Password = password lama
➥ New User Name = Username yang baru
➥ New Password = Password aru
➥ Confirm New Password = Masukan kembali password barunya

Sebagai pelengkap dari artikel ini, saya sudah menyiapkan video tutorialnya yang bisa bisa kalian llihat di channel youtube Blues Pedia, semoga dengan adanya video tutorial ini kalian bisa lebih memahami maksud dari tutorial ini, baiklah berikut link nya :

U. Video Tutorial
Cara Setting Hotspot Mikrotik Dengan Access Point Tp Link

Durasi : 29:29
By : Youtube
Jangan Lupa klik Subcribe / Langganan ya :D

Jika tidak keberatan admin berharap kalian bisa berpartisipasi untuk mengembangkan Blues Pedia, yaitu dengan cara SHARE artikel Blues Pedia yang sedang kalian pelajari ke berbagai media sosial dan ikuti semua akun sosial media kami, seperti Like Fanspage kami di Facebook dan klik Subcribe atau langganan di channel Blues Pedia, Baiklah rasa cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

Salam Admin Blues Pedia :D

13 Responses to "Cara Setting Access Point TP Link Untuk Hotspot Mikrotik #Part2"

  1. tanya bro? kenapa di tplink 192.168.201.100 - 192.168.201.199 sedangkan di dhcp server mikrotik itu 192.168.201.3 - 192.168.201.100 ?
    kenapa yg tplink gak 3-100 seperti dhcp server?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika seperti itu, fitur DHCP server pada Tp-Link di aktifkan,
      jika fitur DHCP Tp-Link di non-aktifkan, maka pengaturan IP nya akan mengikuti mikrotik

      Delete
  2. Mantap ilmunya..sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. Berarti peran access point tp-link disini sebagai perantara/penerus sinyal wifi mikrotik ya pak?
    Login pagenya berarti mengikuti user & password yg dri mikrotik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, hanya sebagai penerus sinyal wifi,
      iya login pagenya dari mikrotik

      Delete
  4. saya pakai RB450G dan AP TL-WR940N ,sudah mengikuti Part1 dan Part2 ,tapi kok ga bisa buka web login nya ya bang?

    apa setingan WAN harus di setting juga?
    di settingan WAN ada"WAN Connection Type" ada pilihan Dynamic IP ,Static IP ,PPPoE ,BigPond ,L2TP ,PPTP

    itu pilih yang mana ya? saya pilih Dynamic kok engga terhubung dengan web login mikrotik? kalau Static IP itu masukin IP yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Settingan Wireless nya Static, lalu isi dengan IP yang satu segmen dengan IP Mikrotik, (poin L. Konfiguasi IP)

      2. dan DHCP dari Wireless di matikan, sehingga user dapet IP DHCP dari Mikrotik (N. DHCP Disabel)

      Delete
  5. tanpa web login bisa ga gan ? jadi client tetap bisa dapet dhcp dari mikrotik tapi tanpa adanya web login, jadi langsung bisa internetan

    ReplyDelete
  6. bisa, jangan di konfigurasi hotspot saja di mikrotiknya

    ReplyDelete
  7. Jadi, dhcp tp-link nya di buat di mikrotik, sedangkan yg di login tp-link nya, dhcp nya didisable, gitu gan.,?

    ReplyDelete
  8. klo setingan tp-link wr841n gimana caranya ?, masalahnya pada bagian network>lan tidak bisa diseting pake IP dari mikrotik, karena di network>wan udah ada setingan ip dari mikrotik baik di seting dynamic atau static tetap ip lan gk bisa satu segmen sma ip mikrotik.

    cth:
    IP WAN dari mikrotik
    IP : 10.5.10.79
    SM : 255.255.255.0
    GTW : 10.5.10.1
    DNS1: 192.168.1.254
    DNS2: 8.8.8.8.8

    dan IP LAN
    IP : 192.168.0.1
    SM : 255.255.255.0
    kalo pake ip yg sama dri mikrotik langsung di tolak sma tp-link, klo dipaksakan tp-link langsung blinking led powernya dan smua port langsung off

    DHCP sya disable

    mohon solusinya Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel yang dari mikrotiknya jangan di colok di port WAN TP-Link, trus ganti jadi dynamic / static, klo static isi dengan ip lain yang ga sama dengan mikrotik, baru di pengaturan LAN isi dengan IP Mikrotiknya

      Delete