Mendadak Tidak Bisa Print Epson LX-310 Di Server dan User

Hai sobat Blues Pedia, pada artikel kali ini admin akan share pengalaman ketika admin mengalami masalah printer di kantor tempat admin bekerja, dimana secara tiba-tiba ada beberapa user yang tidak bisa mencetak ke printer dot matrix, printer yang saya gunakan adalah Epson LX-310 sedangkan untuk system operasi yang di gunakan baik server (tempat printer di install) maupun user menggunakan windows 7.

Awalnya printer di install di komputer A (server) lalu di share ke komputer B dan C yang terhubung di jaringan LAN, semuanya berjalan dengan lancar, sehingga baik komputer server, komputer B sampai komputer C bisa mencetak dokumen atau file yang di inginkan, tapi entah kenapa keesokan harinya, tiba-tiba komputer A dan komputer B tidak bisa print, sedangkan komputer C bisa print dengan normal ke printer yang di install di komputer A, seharusnya yang tidak print itu komputer user saja yaitu B dan C, sedangkan komputer A (server) seharusnya bisa.

Ketika ingin memecahkan masalah ini, saya bingung dan bertanya-tanya "Kenapa komputer server (A) tidak bisa print ke printer yang terhubung langsung, sedangkan komputer C yang tidak terhubung langsung / lewat perantara komputer A ke printer, bisa print dengan normal seperti biasanya, sebelum saya menemukan solusi yang jitu untuk menyelesaikan masalah ini, ada beberapa hal yang saya lakukan, diantaranya :
A. Troubleshoot Printer
B. Uninstall dan Install Printer
C. Ganti Port USB
D. Ganti Komputer Server
E. Uninstall File Update Windows (Cara yang paling ampuh)

Dari kelima poin di atas berikut akan saya bahas semuanya satu per satu :
A. Troubleshoot Printer di Komputer Server (A)
Seperti biasanya ketika ada sebuah masalah dengan device komputer, hal pertama yang saya lakukan adalah memanfaatkan fitur Troubleshoot, dimana fitur ini berfungsi untuk mengecek / scan masalah yang terjadi pada sebuah device lalu memperbaikinya agar bisa berfungsi dengan normal.
Untuk melakukan troubleshoot di printer caranya sangatlah mudah, kita hanya perlu klik kanan printer yang bermasalah lalu klik "Troubleshoot" dan ikuti petunjuk selanjutnya sampai prosesnya selesai.

B. Uninstall dan Install Printer di Komputer Server (A)
Setelah langkah troubleshoot tidak berhasil, saya menganggap ada file printer yang rusak / hilang sehingga tidak bisa print, maka dari itu saya coab uninstall printer LX-310 dari komputer A lalu restart, setelah proses restart sudah selesai dan komputer sudah menyala lagi, lantas saya install driver printer LX-310 dengan harapan dapaat menyelesaikan masalah.
Catatan :
Sepertinya untuk cara uninstall dan install printer tidak perlu admin bahas secara lengkap, karena saya yakin teman-teman semua sudah pada ahli dengan hal seperti ini, 
C. Ganti Port USB
Ternyata poin Uninstall dan install printer masih tidak sanggup untuk memecahkan masalah ini, akhirnya saya putuskan untuk mengganti port USB yang di gunakan dengan port lain yang ada pada komputer A, dan hasilnya sama saja tidak bisa.

D. Ganti Komputer
Karena hanya komputer C saja yang bisa print, lantas saya pindahkan printer tersebut dan install di komputer C. Di awal percobaan test print saya merasa lega karena komputer C bisa print, tetapi ketika saya coba test di komputer A dan B, masih tetap tidak bisa.



E. Unistall Upadate Windows

Karena tidak tahu lagi apa yang harus di lakukan, saya coba searching di google untuk mencari penyebab dan cara mengatasinya, akhirnya saya menemukanya di sebuah forum diskusi terbesar di Indonesia yaitu kaskus, yaitu dengan cara uninstall paket resigtry update windows, caranya :

1. Buka Control Panel
Klik logo windows lalu tuliskan "Control Panel" sehingga komputer akan mencari fitur sesuai yang di tuliskan, di hasil pencarian klik "Control Panel".

2. Buka Halaman Uninstall an Update
Di halaman control panel, cari atau klik navigasi "Uninstall Program", lalu pada tab sebalah kiri Uninstall program klik navigasi "View Installed Updates".

3. Cari File KB4048957
Di halaman Uninstall an Update, carilah file security update KB4048957, jika sudah ketemu klik navigasi Uninstall.

4. Konfirmasi Unintall File KB4048957
ketika kita klik "Uninstall", maka secara otomatis akan muncul dialog box berupa konfirmasi apakah kita benar-benar akan menguninstall file yang telah di pilih, pilih atau klik YES untuk menguninstall

5. Proses Unsintall
berikut adalah gambar proses uninstall file KB4048957

6. Finish
setelah proses uninstall selesai, maka akan muncul dialog box yang isinya komputer kita harus di restart agar efek dari uninstall file KB4048957 bisa langsung kita rasakan, klik "Restart Now" untuk merestart komputer sekarang, dan pilih "Restart Later" untuk merestart komputer lain kali.
Catatan :
Lebih baik pilih option "Restart Now" agar efeknya bisa langsung kita rasakan, namun sebelum kita merestartnya pastikan terlebih dahulu tidak ada program yang sedang di jalankan, jika ada close semua program yang sedang di buka lalu restart.
Setelah komputer menyala kembali, cobalah untuk mencatak sebuah dokumen ke printer Epson LX-310, di jamin deh pasti bisa ngeprint.

Bagaimana kondisi printer kalian setelah melakukan tutorial-tutorial di atas ?, saya harapakan beberapa tutorial diatas bisa membantu memecahkan masalah kalian ketika mengalami masalah pada printer, khususnya pada printer Epson LX-310 yang secara tiba-tiba tidak bisa print. Baiklah cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih, salam admin Blues Pedia :D.

2 Responses to "Mendadak Tidak Bisa Print Epson LX-310 Di Server dan User"

  1. JIKA SUDAH MENGIKUTI LANGKAH DIATAS TAPI FILE KB4048957 ITU BAGAIMANA YA GAN ? MOHON PENCERAHANNYA GAN

    ReplyDelete
  2. maksudnya ?, file KB4048957 itu di uninstall

    ReplyDelete