Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Mikrotik Menggunakan IP

Hai sobat  Blues Pedia, pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi tidak bisa login ke mikrotik via winbox menggunakan IP, tapi jika login menggunakan Macc Address bisa login seperti biasa.

A. Permasalahan
Singkat cerita, untuk meremote mikrotik biasanya saya menggunakan komputer kantor yang sering saya gunakan (sebut saja PC A) sehingga history loginnya ada atau tersimpan di winbox, dan ketika saya ingin meremote mikrotik tinggal klik "login" saja, tidak perlu mengisi kolom login / username dan password mikrotik.

Suatu hari, ada salah satu user yang mengalami masalah jaringan dan mengharuskan saya untuk meremote mikrotik, tapi karena user ini belum pernah mengakses mikrotik dan saya ga hafal mac address mikrotik,  maka saya coba login menggunakan IP. Ketika saya coba login menggunakan IP ternyata tidak bisa, malah muncul pesan "could not connect to 192.168.1.1".

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencoba login di komputer lain termasuk komputer saya sendiri dan hasilnya tetap saja tidak bisa login ke mikrotik via IP, tapi ketika saya coba login menggunakan Mac address, sukses berhasil login.

Setelah berhasil login, hal ke dua yang saya lakukan adalah mengecek semua konfigurasinya mulai dari firewall, nat, IP dan konfigurasinya, siapa tau ada konfigurasi yang tak sengaja saya ubah dan belum di kembalikan seperti konfigurasi asalnya.

B. Service Port Mikrotik
Sebelum kita membahas solusinya, alangkah baiknya simak penjelasan singkat berikut mengenai service-service yang di gunakan mikrotik berserta port yang di gunakannya,secara default service port mikrotik ada 8, kalian bisa melihatnya pada menu IP > Service atau tuliskan script berikut #ip service print,. Berikut ini adalah service-service yang di gunakan mikrotik beserta 8 port defaultnya :
NoServicesPort
1Api 8728 
2Api-ssl 8729 
3FTP21
4SSH22
5Telnet23
6Winbox 8291 
7www80
8www-ssl 443
Penjelasan lengkapnya :
Untuk penjelasan lengkap mengenai fungsi dari service yang ada pada mikrotik dan port mana saja yang bisa kita gunakan, kalian bisa mempelajarinya di artikel berikut :
Mengamankan Mikrotik Dengan Memblokir Akses Service Port
C. Penyebab
Jika kalian mengalami hal seperti ini dan masih bisa masuk ke mikrotik, hal yang harus kalian cek adalah konfigurasi service port routerboard yang di gunakan, klik menu IP > Service, sehingga muncul kolom seperti ini :

Pantas saja saya tidak login ke mikrotik menggunakan IP, baik di winbox maupun di web browser, hal itu karena konfigurasi port untuk www dan winbox berubah, yang defaultnya 8291 untuk winbox berubah menjadi 8292, dan untuk port www yang defaultnya 80 berubah menjadi 81.

Setelah saya ingat-ingat, ternyata port tersebut berubah karena saya pernah mengubah portnya untuk alasan keamanan mikrotik, karena pada waktu itu, mikrotik saya di bobol dan mengubah semua konfigurasinya termasuk service port, sehingga saya tidak bisa mengakses mikrotik, baik via IP dan mac address di semua service (winbox, web browser, telnet, dan SSH), Akhirnya saya memutuskan untuk mereset mikrotik sehingga semua konfigurasi akan terhapus atau kembali ke konfigurasi defaultnya dan konfigurasi ulang.

Namun selain karena saya lupa pernah mengubah konfigurasi service port, ternyata pada kondisi tertentu service port mikrotik bisa berubah dengan sendirinya, maka dari itu jika kalian mengalami hal ini dan ingin bisa mengakses mikrotik via IP, cobalah lakukan hal-hal berikut :

D. Solusi
1. Via Winbox
Jika port defaultnya berubah tanpa sepengetahuan kalian, maka ubahlah port tersebut ke port defaultnya, caranya double klik service yang ingin di ubah, contohnya di sini saya akan mengubah service port winbox, lalu pada kolom Port ganti portnya menjadi 8291 dan kosongkan kolom avaliable from, jika sudha klik OK. (Lakukan hal yang sama terhadap port lainya)


2. Via Script
Untuk via script, kita bisa mengecek service port yang di gunakan menggunakan perintah : 
# ip service print
keterangan :
ip service : adalah posisi dari fitur service di system mikrotik
print : salah satu perintah dasar mikrotik untuk menampilkan sebuah isi dari konfigurasi


Sebelum kita mengubah / mengedit service port, perhatikan terlebih dulu urutan dari service yang akan di ubah (lihat kolom sebelah kiri), contohnya di sini saya akan mengubah service winbox yang ada pada urutan 6, sehingga scriptnya seperti ini :


Keterangan : 
ip service : posisi dari fitur service
edit : perintah dasar mikrotik yang di gunakan untuk mengedit konfigurasi
6 : adalah urutan dari service winbox
port : item yang akan di ubah


pada gambar di atas, ubahlah portnya menjadi port default, karena service winbox, maka saya ubah menjadi 8291, lalu tekan CTRL + O untuk save and exit.
Setelah mengubah port, langkah selanjutnya kosongkan kolom avaliable form (jika kolom avaliable ada isinya), caranya sama saja, tuliskan script #ip service edit 6 address, lalu kosongkan isinya dan tekan CTRL + O.

untuk melihat perubahanya, tuliskan kembali script #ip service print
Jika portnya sudah di ubah, cobalah untuk tes login ke mikrotik menggunakan IP atau macc address, baik via winbox maupun web browser, seharusnya jika konfigurasi benar, kita bisa mengakses mikrotik dari mana saja.

E. Video Tutorial
Klik link di bawah ini untuk melihat video tutorialnya :
 Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)

Saya rasa hanya itu saja pembahasan kita pada tutorial kali ini mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Mikrotik Menggunakan IP, semoga artikel ini bisa membantu / menjadi solusi untuk memecahkah masalah yang sedang kalian alami, sekian tutorial kali ini, terimakasih,
Salam Admin Blues Pedia :D 

10 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Mikrotik Menggunakan IP"

  1. Halo,
    Terima kasih telah membahas ttg.Mikrotik dng cara yg simpel tapi sangat jelas.
    Saya awam ttg Mikrotik, mencoba otodidak, dan merasakan manfaat tutorial Anda.
    BRAVO!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih juga kunjunganya :D

      Delete
  2. Mantap Tutorila nya gan.....jika ada kursus online ane mau daftar gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk saat ini blm ada kursus gan, sibuk dengan jam kerja dan kuliah hehehe

      Delete
  3. bang mohon pencerahannya mikrotik saya tidak bisa kebuka lewat mac dan lewat ip apa yang harus di lakukan supaya bisa kebuka lagi tanpa harus reset, terimakasih

    ReplyDelete
  4. Anonymous00:05

    Selamat malam,
    Sebelum nya saya mendisable semua service, lalu secara tidak sengaja logout dan saya tidak dapat login kembali, bagaimana agar dapat login kembali ?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tahu, port yang di gunakan untuk login ke mikrotik hanya port service itu saja, jika service portnya di disable otomatis tidak bisa masuk ke system mikrotiknya. Kecuali harus Reset Ulang

      Delete
  5. Om Mau Tanya.. Saya Tidak Bisa Remote Mikrotik Dari Internet Menggunakan Ip Cloud Mikrotik Message error nya yaitu " ROuter is Behind a NAT. Remote connection might not work" Solusi nya seperti apa ya Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikrotiknya dapet IP public ga ?

      Delete
  6. terima kasih atas infonya

    ReplyDelete