Cara Mengatasi Printer Tidak Terbaca di Excel & PDF

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial kali ini admin akan share pengalaman cara memperbaiki / mengatasi nama printer yang tidak muncul di program adobe reader / PDF, meskipun begitu tutorial ini bisa digunakan untuk program lainya, seperti Ms. Excel, Word, Power Point dan program lainya.
singkat cerita kala itu ketika waktu istirahat selesai, seorang drafter memanggil saya dan mengeluh, dan dia bilang "Miftah, tolong cek komputer saya, kenapa tidak bisa print ya ?". Setelah saya cek komputernya, ternyata printernya tidak terbaca di file PDF, padahal printer sudah saya tambahkan dan untuk program lainya normal / terbaca, untuk mengatasi masalah ini ada beberapa hal yang saya lakukan, diantaranya :

A. Uninstall & Install Adobe Reader
Hal yang terlintas pertama kali dalam pikiran saya adalah program adobe readernya yang error, sehingga saya menganggap mungkin dengan cara Uninstall dan Install program maka akan normal kembali seperti biasa. Untuk cara Unsinstall program saya menggunakan cara manual yaitu melalui menu control panel, berikut caranya :
1. Membuka Halaman Control Panel
Klik logo windows di keyboard lalu tuliskan "Control Panel", di hasil pencarian cari dan klik control panel.

2. Halaman Uninstall Program
Di halaman control panel, lihatlah ke sebelah kanan akan ada kotak search, di kotak tersebut tuliskan kata "Uninstall", sehingga akan muncul hasil pencarian berdasarkan kata yang di tulis salah satunya navigasi "Uninstall Program", klik navigasi tersebut.

3. Uninstall Program
Carilah di halaman Uninstall program, program yang akan di uninstall contohnya dalam tutorial ini adobe reader, lalu klik navigasi "Uninstall", tunggu sampai proses uninstall selesai.

4. Install Program
Untuk cara install program mudah saja, kita hanya perlu menjalankan file program yang akan di install dan ikuti petunjuknya sampai selesai.

B. Remove & Add Printer
Ternyata setelah saya uninstall dan install programnya, kondisinya sama saja / printernya masih tidak terbaca, langkah ke dua yang saya ambil adalah Remove & Add Printer, berikut langkah-langkahnya :
1. Membuka Halaman Device & Printer
Tekan logo windows, lalu tuliskan "Device & Printer" dan tekan enter

2. Remove Printer
Di halaman Device & Printer, klik kanan printer yang akan di hapus lalu pilih Remove.
Jika muncul sebuah notifikasi pilih saja Yes.

3. Add Printer
Setelah Remove printer berhasil di lakukan, langkah selanjutnya adalah Add printer.
untuk pembahasan add printer tidak saya bahas di sini, pembahasannya akan di bahas secara lengkap di artikel berikut : Cara Install Printer, Share Printer Dan Install Printer Di Komputer Lain

C. Delete Registry Editor
Jika hasilnya masih sama saja, lakukanlah hal berikut :

1. Membuka Halaman Registry Editor
Klik logo windows + R di keyboard, lalu tuliskan "regedit" dan tekan enter, sehingga akan muncul sebuah notifikasi seperti gambar di bawah,

Notifikasi tersebut muncul hanya untuk memastikan bahwa anda benar-benar ingin membuka halaman Registry Editor, pilih Yes untuk membuka, dan No untuk tidak membukanya.

2. Ubah Permissions
Langkah selanjutnya yaitu kita akan menghapus sebuah file registry yaitu file Device, namun sebelum kita menghapus file tersebut, kita harus mengubah settingan permissionya menjadi Full, caranya di halaman Registry Editor klik menu Edit > Permissions, sehingga akan muncul tampilan seperti ini :

Di kolom permissions for everyone, tandai full control dan Read, jika sudah klik OK

3. Membuka Directory Windows
Jika halaman registry editor sudah muncul, bukalah folder berikut HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > WindowsNT > CurrentVersion > Windows.

4. Hapus File Device
Setelah langkah ke tiga berhasil di lakukan, kalian akan melihat beberapa file yg ada di dalam folder windows, salah satunya file yang akan kita delete adalah file Device, klik kanan file tersebut dan klik delete, jika muncul notifikasi seperti ini, pilih saja YES untuk mendeletenya.

5. Restart Komputer
Setelah kita berhasil mendelete file device, cobalah untuk merestart komputer dan lihat lah perubahannya seteleah komputer menyala kembali

Bagaimana tutorialnya, mudah bukan ?, semoga dengan adanya artikel ini bisa mengatasi masalah yang sedang kalian alami. Saya rasa cukup untuk tutorial kali ini mengenai cara mengatasi printer yang tidak terbaca di sebuah program, sekian dan terimakasih, salam Admin Blues Pedia :D

1 Response to "Cara Mengatasi Printer Tidak Terbaca di Excel & PDF"