Wireless Station - Menghubungkan Mikrotik Dengan Internet Via Wifi

Mengubah Mode Wireless menjadi Station - Menangkap Sinyal Wifi dan Menghubungkan Mikrotik dengan internet menggunakan Wifi Kantor, Rumah, Sekolah, Kampus, Dll

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial sebelumnya kita telah membahas mengenai cara konfigurasi wireless menjadi mode ap-bridge, dimana mode tersebut berfungsi untuk memancarkan sinyal wifi, sehingga perangkat elektronik yang ada di sekitarnya seperti HP / Laptop, bisa terhubung dengan internet. Pada tutorial kali ini kita akan membuat wireless menjadi mode station, dimana mode ini berfungsi untuk menghubungkan mikrotik ke internet menggunakan Wifi yang ada di sekitar, Wifinya bisa berasal dari wifi kantor, kampus, wifi tempat umum dan atau wifi tetangga sebelah :D.

Tutorial ini terinspirasi dari keinginan saya untuk belajar mikrotik di kantor dan tidak ingin mengganggu kinerja mikrotik yang ada, di tambah lagi koneksi LAN yang tidak memungkinkan, hanya ada koneksi Wifi saja, untuk mikrotik yang saya gunakan adalah RB951Ui-2nD, baiklah berikut tutorialnya :

A. Konfigurasi Wifi Station
1. Mengaktifkan Wireless
Langkah ini kita lakukan jika konfigurasi wireless masih default atau masih dalam keadaan mati, maka langkah pertama yang harus di lakukan adalah mengaktifkanya, caranya di halaman utama mikrotik klik menu wireless >  Lalu klik Tab Interfaces, setelah itu klik wireless yang ada di list dan klik tanda check list biru untuk mengaktifkanya.
2. Security Profiles
Jika wifi yang akan di hubungkan menggunakan password, maka kita harus menambahkan sebuah konfigurasi untuk membuka password tersebut, caranya di halaman Wireless klik tab Security Profiles > Lalu klik Tanda + biru untuk menambahkan. Di halaman security profiles klik tab general dan isi kolom-kolom berikut :


  • Name = Isi bebas, hanya untuk penamaan saja, namun di sini saya menamainya sama dengan nama wifi yang di hubungkan
  • Mode = Isi sesuai dengan jenis keamanan wifi yang di hubungkan, jika bingung pilih saja dynamic-keys, karena umum di gunakan.
  • Authentication Type = Sama dengan mode, isi dengan jenis keamanan wifi, tandai saja WPA2-PSK.
  • Unicast Ciphers = Tandai aes ccm dan tkip
  • Group Ciphers = Tandai aes ccm dan tkip
  • WPA2 Pre-Shared Key = isi dengan password wifi yang akan di hubungkan,
  • Jika sudah klik OK
3. Konfigurasi Wireless - General (Optional)
Jika wireless sudah aktif, langkah selanjutnya kembali ke tab Interfaces lalu double klik wireless tadi, lalu di tab general ubah kolom Name yang tadinya wlan1 menjadi nama untuk interfaces wlan sesuai keinginan kalian, konfigurasi ini bertujuan untuk merubah nama interfaces wlan saja yang nantinya akan mempermudah kita di konfigurasi-konfigurasi selanjutnya, jadi langkah ini optional, bisa di lakukan dan bisa juga tidak, namun disini saya tidak merubahnya tetap wlan1.


4. Scan Wifi
Pindah ke tab sebelahnya / Wireless, langkah selanjutnya yaitu menghubungkan Wireless mikrotik dengan jaringan wifi yang ada di sekitar, hal pertama yang harus di lakukan adalah ubahlah mode wireless menjadi Station, lalu klik navigasi "Scan" (letaknya di sebelah kanan).
Sehingga akan muncul tampilan baru seperti gambar di atas (bingkai biru), di halaman Scanner isi kolom interfaces dengan nama interfaces wlan, lalu klik start sehingga mikrotik akan melakukan scan terhadap sinyal wifi yang ada di sekitarnya dan menampilkan hasilnya di bawah.
Jika hasil scannya sudah muncul, klik wifi yang akan di gunakan lalu klik Connect, di sini saya akan menghubungkannya dengan wifi Ken&Naomi.

5. Konfigurasi Wireless Station
Jika langkah 4 sudah di lakukan, maka secara otomatis di kolom SSID akan tertulis nama wifi yang telah di hubungkan. Ubahlah kolom Security Profile (SP) dengan SP yang sudah di buat sebelumnya di langkah ke 2 dan untuk kolom lainya biarkan saja / default, jika sudah semuanya klik OK.

6. Konfigurasi IP - DHCP Client
Karena kita tidak tahu IP yang di gunakan dan untuk menghubungkan mikrotik dengan internet, maka kita akan menambahkan konfigurasi DHCP Client, dimana Mikrotik nantinya akan mendapatkan IP secara otomatis / DHCP dari Wifi yang telah terhubung. Caranya klik menu IP > DHCP Client > Klik tanda + untuk menambahkan.

Di halaman New DHCP Client, pada kolom interfaces pilih interfaces wlan1 atau dengan nama interfaces wlan lainya dan jangan lupa tandai Use Peer DNS dan Use Peer NTP, Jika sudah semua klik OK, atau bisa juga dengan menuliskan script di bawah dan lalu tunggu sampai statusnya bound dan mendapatkan IP dari Wifi.
Script DHCP Client Mikrotik
ip dhcp-client add interface=wlan1 use-peer-dns=yes use-peer-ntp=yes
Jika statusnya sudah bound dan mikrotik mendapatkan IP, maka konfigurasi Wireless station berhasil, jika tidak coba cek kembali konfigurasinya terutama konfigurasi Security Profiles, pastikan password yang di tuliskan benar ya.

7. Ping
Langkah terakhir adalah menguji konektifitasnya, apakah sudah terhubung dengan internet atau belum terhubung, caranya yaitu dengan menuliskan script berikut menu new terminal (jika menggunakan winbox) :
Script Ping
ping bluespedia.xyz atau ping google.com

Bagaimann mudah bukan tutorialnya ?, selain menggunakan Wifi kantor, kita juga bisa menghubungkan mikrotik dengan internet menggunakan Wifi / Hotspot dari Smartphone / HP yang selalu kita pegang setiap hari, untuk penjelasanya akan saya bahas di artikel selanjutnya, karena saat ini masih dalam tahap pembuatan, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, Salam Admin Blues Pedia.

4 Responses to "Wireless Station - Menghubungkan Mikrotik Dengan Internet Via Wifi"

  1. Mas nanya dong, cara kayak gini mesti pakai routerboard yg ada wifinya ya, soalnya saya cuma ada rb750 dan pingin belajar mikrotik, tapi ga berani ngotak ngatik punya kantor. Gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus ada fitur wifinya nya, kalo punya kantor mah mending jangan di utak-atik takutnya error, mending beli aja mikrotik yang ada wifinya kayak RB951 Ui 2nD

      Delete
  2. MAS MAU TANYA, kan kalo sudah konfigurasi firewall kan pertama ngecek arp dulu nah pas saya cek cuma ada interface wlan 1 gak ada ip address ang saya buat sebelumnya di ether 2 itu gimana ngatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya konfigurasi firewall yang mana ya ?, kalo untuk konfigurasi di tutorial ini ga ada konfigurasi firewallnya

      Delete