Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud / DDNS

Cara mengakes / remote routerboard mikrotik di rumah dengan menggunakan fitur bawaan mikrotik IP Cloud >>> Video Tutorialnya di bawah ya <<<

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial-tutorial sebelumnya saya pernah membahas mengenai 2 cara mengakses mikrotik jarak jauh yaitu menggunakan IP Publik dan Team Viewer, namun ke dua cara tersebut memiliki kekurangan, salah satu diantaranya adalah:
  • Tidak semua ISP memberikan fasilitas IP Public kepada client,
  • Ada banyak sekali routerboard mikrotik yang menggunakan modem sebagai koneksi internet, sehingga IP Publicnya sering berubah-ubah setiap hari, bahkan setiap jam dan tak menentu.
  • Jika kita menggunakan team viewer, harus ada satu buah komputer yang terhubung dengan mikrotik dalam satu jaringan dan selalu menyala.
Karena ke tiga alasan itulah, ada banyak sekali routerboard mikrotik yang tidak bisa di akses jarak jauh, namun tak usah khawatir di tutorial kali ini kita akan belajar cara untuk mengakses mikrotik jarak jauh tanpa harus menggunakan IP Public dan team viewer, hanya menggunakan fitur bawaan mikrotik saja yaitu IP Cloud, baiklah berikut caranya :

1. Persiapan / Tahap Awal
Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.

2. Mengaktifkan IP Cloud
Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud, sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply.

DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud
Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah.

Jika berhasil maka kolom Public Address dan DNS Name akan terisi secara otomatis, seperti gambar di atas
Catatan :
Untuk keamanan, rahasiakanlah DNS Name mikrotik kalian dari siapapun, karena DNS Name untuk setiap routerboard mikrotik sangatlah unik, yaitu berbeda dengan yang lain, mudahnya satu buah routerboard mikrotik hanya memiliki satu buah DNS Name saja dan tidak akan pernah berubah.
3. Jika Gagal
Jika Kolom Public Address dan DNS Name masih tetap kosong, coba cek konfigurasi firewall NAT Masquerade yang sedang di gunakan, Jika lebih dari satu, matikan terlebih dahulu konfigurasinya dan sisakan satu buah konfigurasi yang paling utama dan sangat di butuhkan saja, dan coba lakukan kembali poin ke 2.

4. Versi Script
Untuk versi scriptnya, kalian cukup menuliskan script ini saja :
ip cloud set ddns-enabled=yes update-time=yes
5. Percobaan
Jika IP Cloud sudah aktif dan kalian sudah mendapatkan DNS Name, maka mikrotik sudah bisa di akses di mana saja selama terkoneksi dengan internet. Untuk cara mengakses mikrotik menggunakan DNS Name sangatlah mudah, kita hanya perlu mengganti IP Address pada kolom Connect To di winbox dengan DNS Name yang sudah di dapatkan

atau jika menggunakan web browser, cukup dengan menuliskan DNS Name di kolom address bar web browser, contohnya seperti ini :

6. Video Tutorial
Klik link di bawah ini untuk melihat video tutorialnya :
 Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)

Itulah pembahasan tutorial kali ini, semoga dengan adanya artikel Cara Mengakses Mikrotik Dengan Menggungkan IP Cloud, bisa memudahkan kita semua dalam hal remote / konfigurasi mikrotik tanpa memikirkan jarak lagi, dimana pun dan kapan pun selama terhubung dengan internet maka kita bisa mengakses mikrotik, sekian tutorial kali ini, Salam admin Blues Pedia :
D

8 Responses to "Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud / DDNS"

  1. numpang tanya gan kalo waktu akses dari internet muncul connection refused kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. muncul pesan connection Refusednya ketika akses mikrotik di luar jaringan bukan ?, jika Ya, coba cek sumber koneksi internetnya dari mana, krna ada beberapa koneksi internet yang tidak mendukung fitur DDNS mikrotik.

      Delete
  2. tanya setelah saya coba kok masuk ke modem indie saya tambahan apa yang perlu di tambah i lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf min sudah saya coba kalau saya lihat di configurasi cloud di taksbarnya "DDNS Service might not work". kurang setting apa lagi ya min masalahnya sama saat login di link browser masuk ke loginya Modem indie.

      Delete
  3. udah terbuka halaman login mikrotik..tapi kenapa waktu masukan password kok salah terus ya..padahal password itu selalu aku pake buka mikrotik lewat winbox

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa capslocknya atau coba di winbox, seharusnya jika username dan password yang di tuliskan sudah benar, ga ada masalah, harusnya bisa login ke mikrotik

      Delete
  4. punya saya dns name sudah muncul sama publik addresnya....trs saya coba pakai browser....kenapa yg muncul malah modem ZTE nya gan...bukan mikrotik?

    ReplyDelete
  5. @Brother dan @Dunia_Viral, tidak semua ISP memberikan layanan IP Public kepada user, salah satunya indihome yang hanya membagikan IP Private, sehingga meskipun berhasil mendapatkan DNS name IP Cloud di mikkrotik, tetap saja mikrotik tidak bisa di akses, akan tampil halaman login indihome.
    CMIIW

    ReplyDelete