Menghubungkan Routerboard Mikrotik Dengan HP / Smartphone

Konfigurasi Wireless / Wlan mode station untuk menghubungkan mikrotik dengan internet melalui hotspot smarthphone

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial sebelumnya kita telah membahas cara mengubah mode wireless menjadi station, mode yang di gunakan untuk menangkap sinyal wifi yang ada di sekitar seperti wifi kantor / sekolah, sehingga mikrotik bisa terhubung dengan internet. Untuk tutorial kali ini masih sama dengan tutorial sebelumnya hanya saja kali ini kita akan menghubungkan mikrotik dengan wifi / hotspot smartphone yang sering kita pegang setiap hari.

Ide dari pembuatan tutorial ini adalah saya ingin belajar mikrotik di rumah, tidak ingin selalu bergantung pada Wifi kantor saja dan di tambah dengan tidak ada ISP yang menjangkau sampai ke rumah, maklum lah perkampungan :D, maka dari itu saya coba metode ini untuk menghubungkan mikrotik dengan internet, Routerboard yang saya gunakan adalah RB951Ui-2nD.

A. Konfigurasi Hotspot Smartphone
Untuk poin yang satu ini tidak akan saya bahas secara lengkap, hanya intinya saja penjelasan lengkapnya bisa kalian lihat di link berikut : Share Koneksi Internet Dengan Hotspot Di Smartphone.

Untuk pengguna ASUS khusunya Zenfone, di menu utama carilah menu Setelan > Lainya > Menambatkan & Hotspot Portabel > Hotspot Wi-fi > Siapkan Hotspot Wi-fi, lalu isi kolom yang ada sesuai keinginan kalian, untuk pengguna selain ASUS bisa kalian lihat caranya di tutorial atas dan atau klik disini.


B. Konfigurasi Mikrotik Wireless Station
1. Mengaktifkan Wlan
Langkah pertama adalah mengaktifkan Wlan, karena defaultnya adalah keadaan mati, caranya klik menu wireless > Tab interfaces > Klik Wlan yang akan di aktifkan > lalu klik tanda check list untuk mengaktifkanya

2. Rename Wlan (Pilihan)
Langkah ini boleh di lakukan atau tidak, langkah ini hanya untuk mengganti nama dari wlan saja, untuk melakukan konfigurasi ini, double klik wlan yang sudah di aktifkan, lalu klik tab General dan ubahlah kolom Name dengan sebuah nama intuk interfaces wlan (bebas)

3. Scan Wifi
Setelah mengubah nama dari interfaces Wlan, langkah selanjutnya memindai / scan jaringan wifi yang ada di sekitar, caranya setelah anda mengubah nama dari interfaces wlan di tab General, klik tab yang ada di sebelahnya (Tab Wireless), lalu ubah mode wireless menjadi station dan klik navigasi Scan (posisinya berada di sebelah kanan)
Setelah kalian klik navigasi scan, maka akan muncul tampilan baru, di tampilan tersebut isi / pilih kolom interfaces dengan nama interfaces wlan lalu klik Start, maka otomatis mikrotik akan memindai sinyal wifi yang ada di sekitarnya dan menampilkanya di list bawah.

Jika hasilnya banyak sinyal wifi yang ke tangkap, di list tersebut carilah nama hotspot HP yang sudah di buat sebelumnya, dalam tutorial ini saya memilih "Hotspot HP", klik nama hotspot tersebut dan klik Connect.

4. Konfigurasi Wlan
Jika langkah ke tiga sudah di lakukan, maka kolom SSID akan berubah menjadi nama dari hotspot yang di hubungkan, dan jika hotspot yang di hubungkan menggunakan password maka kita harus membuat sebuah security profile (caranya ada pada tahap selanjutnya / tahap ke 5), tetapi jika tidak menggunakan password pilih / isi kolom security profile dengan Default.

5. Membuat Security Profile
Untuk membuat security profile, pindah ke tab Security Profiles dan klik tanda + untuk menambahkan konfigurasi baru, dan isi kolom berikut :
  • Name = Isi bebas, hanya untuk penamaan saja, di sini saya beri nama sama seperti nama SSID
  • Mode = Isi sesuai dengan jenis keamanan hotspot yang di hubungkan, jika bingung pilih saja dynamic-keys, karena umum di gunakan.
  • Authentication Type = Sama dengan mode, isi dengan jenis keamanan hotspot
  • Unicast Ciphers = Tandai aes ccm dan tkip
  • Group Ciphers = Tandai aes ccm dan tkip
  • WPA2 Pre-Shared Key = isi dengan password hotspot yang di hubungkan.
  • Jika sudah klik OK
6. Konfigurasi DHCP Client
Jika mikrotik sudah terhubung dengan hotspot HP, langkah selanjutnya konfigurasi IP menggunakan DHCP Client, karena kita tidak tahu IP yang di gunakan hotspot HP dan mikrotik akan mendapatkan IP secara otomatis dari hotspot, untuk konfigurasinya klik menu IP > DHCP Client > Tab DHCP Client > lalu klik tanda + untuk menambahkan konfigurasi baru.

Di halaman New DHCP Client, isi kolom interfaces = interfaces wlan, dan tandai use peer DNS dan use peer NTP (jika ingin menggunakan DNS dan NTP secara otomatis / tidak perlu konfigurasi lagi)
Script DHCP Client Mikrotik
ip dhcp-client add interface=wlan1 use-peer-dns=yes use-peer-ntp=yes

Jika mikrotik sudah mendapatkan IP dan statusnya Bound, maka mikrotik sudah terhubung dengan internet, langkah selanjutnya tinggal konfigurasi IP Address interfaces lokal / interfaces yang terhubung dengan user / client, konfigurasi DHCP dan konfigurasi masquerade agar user terhubung dengan internet, konfigurasi lengkapnya bisa kalian lihat di link berikut : 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik dengan Internet.

Bagaimana mudah bukan konfigurasinya ?, semoga dengan tutorial ini bisa memudahkan kita untuk belajar mikrotik, terutama yang mempunyai masalah dengan koneksi internet, baik karena tidak dalam jangkauan, harganya yang mahal atau tidak ada ISP. Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, Salam Admin Blues Pedia :D

11 Responses to "Menghubungkan Routerboard Mikrotik Dengan HP / Smartphone"

  1. ASELI KEREN BANGG!! MAKASIH BANG..

    ReplyDelete
  2. Saya mau tanya kak, mohon di bantu, saya udah setting sampai DHCP client, trus saya mau buat hotspot tapi IPnya mikrotik DHCP itu gimana ya kak? makasih udah bantu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya mau buat hotspot di mikrotik lewat wifi dan pake DHCP ?,
      kalo memang seperti itu, coba tutorial berikut,
      langsung lanjut aja ke poin B. Konfigurasi Virtual Access Point

      Delete
  3. Apa ini bisa di terapkan di semua jenis mikrotik?

    ReplyDelete
  4. bisa, asalkan mikrotiknya support Wireless

    ReplyDelete
  5. Saya nggak ketemu security profilenya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, masa ga ada ? tapi menu wirelessnya ada kan ?
      pake type RB brpa mas ?

      Delete
  6. bro klo routerboard rb750 gen2 ga bisa diaplikasiin kayak gini ya? klo ngambil dari LAN bgmana caranya ya, soalnya di kantor jg uda pake mikrotik takut keganggu jaringannya, sorry masih belajar soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutorial ini hanya bisa di praktekan jika menggunakan mikrotik yang support wireless, sedangkan RB750 tidak support wireless.

      Delete
  7. Gan kalo routerboard/mikrotiknya lgsng nyambung pke kabel ke AP/Repeater bs ngga ya sbgai sumber internetnya? Soalny router ane ga ada wifinya.

    ReplyDelete