Konfigurasi / Cara Setting Modem USB Di Mikrotik

Cara lain untuk menghubungkan mikrotik dengan internet yaitu dengan menggunakan modem USB

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial-tutorial sebelumnya saya pernah membahas cara menghubungkan mikrotik dengan internet menggunakan berbagai macam cara, seperti Via LAN, Wifi, Hotspot HP / Smartphone, di tutorial kali ini kita akan membuat sebuah Konfigurasi Untuk Menghubungkan Mikrotik Menggunakan Modem USB, baiklah berikut tutorialnya :

A. Persiapan
Sebelum kita memulai tutorial ini, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu diantaranya :
1. Routerboard
Jenis routerboard yang di gunakan adalah routerboard yang support port USB, salah satu ciri dari routerboard yang sudah support USB adalah adanya huruf "U" pada seri routerboard, contohnya RB yang saya gunakan untuk tutorial ini yaitu RB951Ui-2nD.

2. Modem USB
Banyak sekali produk-produk modem USB yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sebuah toko, namun berdasarkan penelitian kecil yang telah saya lakukan, tidak semua modem USB support dengan mikrotik. Riset ini saya lakukan ketika ingin membeli modem USB yang saat ini di gunakan. Hal pertama yang saya lakukan ketika sampai di toko adalah mengeluarkan RB951Ui-2nD dan meminta penjaga toko untuk menyalakan routerboard, setelah itu barulah saya menanyakan "apakah ada modem USB dan merk apa saja yang ada di sini", lantas penjaga toko memperlihatkan modem USB yang ada dan saya coba satu persatu, alhasil dari beberapa modem USB yang di coba hanya ada satu yang support yaitu modem USB Airtel 4G Huawei E3372. Maka dari itu pastikan modem yang kalian gunakan support dengan mikrotik ya.

3. SIM Card
Diantara banyaknya SIM card yang ada, disini saya menggunakan M3 / Indosat, karena sinyalnya bagus dan pas di kantong jika di bandingkan dengan SIM card lainya, karena jika menggunakan simpati terlalu mahal kalian pasti tau, dan jika menggunakan XL ga tahan sinyalnya, maklum lah rumah admin di pedalaman hehehehe :D.

4. Gabungkan Semuanya
Jika semua bahan dan alat sudah siap, gabungkanlah ke tiga alat tersebut, masukan SIM card ke tempatnya di Modem, lalu tancapkan modem ke port USB mikrotik, dan diamkan selama beberapa menit.

B. Cek Port USB
Setelah modem sudah di tancapkan ke mikrotik, langkah selanjutnya yaitu mengecek USB modem di mikrotik apakah sudah terhubung atau belum, caranya klik menu System > Resource > lalu di navigasi sebelah kanan klik USB, sehingga akan muncul sebuah list seperti pada gambar.
Pastikan di list tersebut ada nama / merk dari modem yang di gunakan karena jika tidak ada, bisa di pastikan modem yang kalian gunakan tidak support dengan mikrotik.

C. Konfigurasi PPP Client
1. Menu Interfaces
Jika modemnya sudah terhubung dengan mikrotik maka secara otomatis mikrotik akan membuatkan sebuah interfaces baru yaitu PPP Client, klik menu interfaces untuk melihatnya.

2. Konfigurasi Modem USB (General)
Double klik PPP client sehingga akan muncul sebuah halam konfigurasi PPP client, di halaman tersebut klik tab General dan isi kolom berikut :
  • Name : Isi sesuai keinginan kalian, di sini saya mengubah namanya menjadi "USB Modem"
  • APN : Isi sesuai APN dari provider yang di gunakan, karena di sini saya menggunakan provider kuning, maka saya isi indosatgprs
  • PIN : Jika menggunakan kode PIN, tuliskanlah kode PIN di kolom ini sesuai kode PIN yang di berikan provider.
  • Selain ke 3 kolom di atas, untuk konfigurasi kolom lainya biarkan saja / menggunakan konfigurasi default mikrotik.

3. Konfigurasi Modem USB (PPP)
Dari tab General pindah ke tab di sebelahnya yaitu tab PPP, dan isi kembali kolom-kolom berikut :

  • User dan Password : Isi sesuai dengan konfigurasi provider yang di gunakan
  • Tandai Dial on Demand dan Add default Route
  • Tandai Use Peer DNS jika ingin menggunakan DNS dari provider
  • Kolom lainya biarkan saja.
4. Cek Konfigurasi
Jika langkah ke dua dan ke tiga sudah di lakukan, klik Apply dan pastikan statusnya connected yang menandakan konfigurasinya berhasil, sehingga mikrotik akan mendapatkan IP otomatis dari provider, konfigurasi IPnya bisa kita lihat di menu IP > Address, contohnya seperti ini :

Untuk lebih memastikan lagi apakah mikrotik sudah terhubung dengan internet / belum, cobalah untuk melakukan ping ke salah satu situs, contohnya di tutorial ini saya akan coba ping ke situs bluespedia.xyz dan pastikan hasilnya seperti ini ya :

Catatan :
Jika statusnya tidak kunjung Connected, coba periksa hal-hal berikut :
 Kekuatan Sinyal | Pastikan sinyal provider di sekitar kalian bagus ya, dan bila perlu cari / pindahkan routerboard ke tempat yang sinyalnya bagus.
 Konfigurasi APN, PIN, User dan Password | Isilah kolom APN dan User sesuai dengan provider yang di gunakan, sedangkan untuk kolom PIN dan password di isi jika memang di perlukan.

D. Video Tutorial
Klik link di bawah ini untuk melihat video tutorialnya :
 Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)

Bagaimana tutorialnya, cukup mudah bukan untuk Konfigurasi Modem USB di Mikrotik ?, semoga dengan adanya tutorial ini bisa mempermudah kita untuk mempelajari mikrotik, terutama untuk masalah koneksi internet, karena admin merasakan sendiri bagaimana susahnya mendapatkan ISP yang jangkauannya sampe rumah, baiklah sekian tutorial kali ini, salam Admin Blues Pedia :D

3 Responses to "Konfigurasi / Cara Setting Modem USB Di Mikrotik"

  1. SANGAT BERMANFAAT BANG, UNTUK YANG LIMIT BUDGET KAYAK SAYA YANG LAGI BELAJAR MIKROTIK..

    ReplyDelete
  2. kalo untuk 2 modem gsm dgn 2 output berbeda gmna cara setting nya ? misal nya modem 1 ke ether 1 dan modem 2 ke ether 2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kasus ini saya blm pernah mencobanya, hehehe :D

      Delete