Windows cannot be installed on drive 0 partition 4 - Penyebab dan Cara Mengatasi

Pernahkah anda mengalami masalah ketika proses instal ulang windows khususnya bagi anda yang install windows menggunakan perangkat USB seperti flash disk, dari pertama booting, loading windows, memilih bahasa, proses instalasi berjalan dengan normal dan lancar, akan tetapi ketika masuk bagian pembagian hardisk, anda tidak bisa melanjutkan proses selanjutnya karena muncul sebuah pesan pemberitahuan, kurang lebihnya seperti ini :
Windows can't be installed on drive 0 partition 4 (Show details)"
dan ketika anda klik pesanya "Show Details", maka akan muncuk penjelasan dari pesan tersebut, berikut penjelasanya
Windows cannot installed to the disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only be installed to GPT disks.
namun ada juga penjelasanya seperti ini :
Windows cannot installed to the disk. The selected disk is of the GPT partition style. Windows can only be installed to this hard disk space. The partition is a Microsoft Recovery partition.
atau sesingkat ini :
Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style.
Penyebab Windows can't be installed on drive 0 partition 4
Penyebab munculnya pesan tersebut, di karenakan jenis / format hard disk tidak sesuai dengan format device yang di gunakan untuk menginstall windows, seperti yang kita ketahui flash disk memiliki 2 format yang berbeda yaitu NTFS dan FAT 32, begitu juga dengan hard disk yang memiliki 2 format yaitu MBR dan GPT. Jika format flash disk tidak sesuai dengan format hard disk maka masalah seperti ini bisa saja terjadi.

Apa itu MDR dan GPT ?
MDR dan GPT merupakan sebuah format hard disk yang sampai saat ini masih di gunakan, dari kedua jenis format tersebut tentunya memiliki perbedaan salah satu diantaranya dari segi kapasitas, format GPT merupakan format hard disk yang memiliki kemampuan menyimpan data beratus-ratus kali lipat dari format MDR, karena GPT merupakan format hard disk terbaru.
untuk lebih jelasnya anda bisa membacanya di sini :
Format MDR dan GPT Pada Hard Disk dan Cara Mengubahnya
Di sana akan saya bahas mengenai sejarah perkembangan format MDR dan GPT, kapasitas yang bisa di tampung, dan cara mengubah format hard disknya.
Cara Mengatasi Masalah Ini
Setelah anda mengetahui apa penyebabnya, hal yang perlu anda lakukan adalah menyesuaikan format hard disk dengan format Flash disk yang di gunakan, berikut penyesuaianya :
- Untuk hard disk yang memiliki format MDR, maka gunakan format flash disk NTFS
- Sedangkan hard disk dengan format GPT, gunakan format flash disk FAT 32

Jika anda mengunakan komputer atau laptop versi lama maka saya sarankan untuk menggunakan format NTFS, karena komponen yang di gunakan sangat mendukung format MBR, jika di bandingkan dengan format GPT yang belum di dukungnya.
- Format GPT tidak bisa gunakan pada sistem operasi windows XP 32 bit, karena windows versi ini dan ke bawahnya menggunakan format MBR, maka dari itu ubahlah format flash disk anda menjadi NTFS, jika anda ingin menginstall versi windows ini.
- Komputer atau laptop keluaran terbaru pasti sudah mendukung format GPT, karena format GPT merupakan format hard disk terbaru juga, jadi gunakanlah format flash disk FAT 32, untuk menginstall sebuah system operasi windows
Intinya :
Coba ubah format flash disk anda, yang asalnya NTFS menjadi FAT 32 atau sebaliknya
Untuk cara mengetahui format Hard disk yang sedang di gunakan, anda bisa membacanya di artikel selanjutnya, selain membahas mengenai mengetahuinya, di sana akan saya bahas juga cara menkonvert / mengubah formatnya, untuk artikelnya anda bisa melihatnya di sini :

Itulah cara mengatasi masalah yang sering terjadi ketika menginstal sebuah system operasi, khususnya windows, ok sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat.

3 Responses to "Windows cannot be installed on drive 0 partition 4 - Penyebab dan Cara Mengatasi "

  1. Anonymous17:11

    Saya gak pake flashdisk, tapi pake CD, masalahnya sama seperti yang dibahas. Cara mengatasinya gimana kalo pake CD?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk CD saya belum pernah mengalami masalah seperti itu,
      paling kalo ada masalah ketika install windows via CD, yang saya lakukan adalah :
      - Ganti CD OS nya
      - Memformat semua drive dan menghapus semua partisinya, dan membuat partisi ulang

      Delete
    2. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
      cobain open source project rancangan ane gan >

      IT Tools Pack Solution

      (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

      #SalamSatuTeknologi

      Delete