Mudahnya Cara Membackup dan Restore Driver Windows

Di sini kita akan belajar cara Membackup dan Merestore Driver di Windows menggunakan Double Driver, sehingga tidak perlu takut lagi CD driver hilang / crash.
Setelah sistem operasi selesai di install maka langkah selanjutnya adalah tinggal menginstall driver dari hardware yang di gunakan, baik komputer maupun laptop, agar penggunaan KOmputer Atau LAptop (KOALA) bisa maksimal, namun karena proses install ulang windows sangat jarang di lakukan maka tak heran jika kelengkapan dari koala yang di gunakan hilang, seperti CD driver.
Jika driver belum terinstall maka penggunaan komputer akan terganggu, contohnya seperti windows yang tidak bisa di sleep (Driver VGA belum di install), tidak bisa konek ke jaringan (Driver LAN card atau WIFI belum terinstall, dan contoh lainya koala tidak bisa mengeluarkan suara (driver sound card).

Sama seperti halnya system windows yang bisa di backup dan restore, ternyata data file driver yang sudah terintall di koala pun bisa kita backup dan restore, hal ini sangat berguna ketika kita install ulang windows dan tidak punya CD driver koala, atau file system driver mengalami kerusakan, sehingga kita tidak perlu menginstall CD driver lagi, kita hanya cukup restore / copy saja data file driver dan driver pun sudah terinstall.

Untuk melakukan tutorial ini kita akan menggunakan bantuan pihak ke tiga (software) yaitu double driver, anda bisa mendonwloadnya secara gratis di penulusuran google, jika sudah di download, ayo kita mulai tutorialnya :

Cara Membackup File System Driver
1. Jalankan Software Double Driver
Langkah pertama tentunya buka atau jalankan softwarenya terlebih dulu,
Jika di anggap sebagai virus, matikan telebih dahulu anti virusnya, baru jalankan program
dan gambar di bawah ini (no 3) adalah tampilan dari double driver

2. Klik Menu Backup
Di double driver anda akan melihat 10 baris menu, yaitu Home, Backup, Restore, Select, Save, Print, Clear, Help, About, Exit. Di antara ke 10 menu tersebut klik menu backup yang tentunya untuk melakukan proses backup

3. Klik Scan Current System
Setelah itu sebagai tahap awal klik Scan Current System, maka double driver akan mescan file system (local disk C), sehingga double driver bisa mengetahui driver apa saja yang sudah terinstal dan menampilkanya dalam sebuah list seperti ini :

4. Tandai Driver Yang Akan di Backup
Itu adalah daftar list driver yang terinstal di komputer saya, tandai driver mana saja yang akan di backup,

5. Klik Backup Now
Sebelum anda memulai proses backupnya, cek kembali driver yang akan di backup, jika sudah klik Backup Now

6. Menentukan Tempat Untuk Meyimpan Hasil Backup
Maka akan ada tampilan seperti gambar di bawah, Double driver akan menanyakan tempat dimana anda akan menyimpan file hasil backup. tepat di bawahnya akan ada jenis output hasil backup :

  • Structured folder (default) : Menampilkan hasil backup dalam bentuk folder yang tersusun
  • Compressed (Zipped) folder : Hasil backup akan berbentuk file zip
  • Single file self extract (executable) : File back up akan di tampilkan dalam satu file exe
7. Klik OK, Untuk Melanjutkan
Jika anda sudah memilih jenis hasil output dari ke tiga option di atas, dan sudah menentukan tempat untuk menyimpan hasil backup, klik OK
Catatan :
Jangan menyimpan file hasil backup double driver di Local Disk C, karena jika local disk C mengalami masalah maka hasil backup pun akan hilang, seperti adanya bad sector, local disk terkena virus, atau local disk C ke format pada saat tahap install ulang.

8. Tunggu, sampai proses selesai
Lama proses backup tergantung dari banyaknya driver yang di backup, tapi tenang cuman sebentar kok.
Proses Backup
Proses Backup telah selesai

9. Cek Hasil Backup
Setelah proses backup selesai, cek hasilnya di tempat anda menyimpannya, dan inilah hasil file backup driver komputer saya, dengan jenis output ke 1 Structured folder (default)

Selesai, kini anda tidak perlu khawatir lagi dengan driver komputer anda, karena sudah anda backup dan siap anda restore kapan pun anda ingin merestorenya.

------------------------------------------------------------------------

Cara Restore Data Backup Driver
Setelah kita membahas dan melakukan backup driver, kini kita akan membahas mengenai cara merestorenya, namun sebelum itu kita harus membuka Double Driver dengan izin administarator komputer, mengapa ?, Karena secara langsung kita akan mengubah pengaturan file system, yang akses untuk mengubahnya memerlukan izin admin. Berikut caranya :

1. Jalankan Double Driver Dengan Izin Administrator
Caranya klik kanan Double Driver lalu pilih Run us Administrator

2. Klik Menu Restore
Setelah Double Driver di jalankan, di tampilan utama double driver, klik menu restore, yang tentunya untuk melakukan restore driver.

3. Klik Locate Backup
Klik Locate Backup untuk menentukan  / mengarahkan Double Driver ke tempat anda menyimpan file backup.

4. Memilih Tipe Tempat Penyimpanan File Backup Driver
Di tampilan locate backup akan ada 3 option, diantaranya :
  • Default Location : Memilih tempat default atau tempat data backup yang sudah di tentukan oleh double driver.
  • Compressed (zipped) backup folder : Gunakan option ini jika data backup di simpan dalam bentuk zip
  • Other Location : Pilih option ini jika tempat anda menyimpan file backup di luar dari tempat default double driver dan tidak dalam bentuk zip.
5. (Opsional), Pilih Option ke 1
Disini saya memilih Option ke 1, karena di tahap backup saya menggunakan Structured folder (default), klik navigasinya maka akan muncul list folder backup (perhatikan gambar di tahap 3 dan 4), pilih salah satu, lalu OK

6. Tandai Driver Yang Akan di Restore, Lalu Klik Restart Now
Setelah anda melakukan tahap 5, maka secara otomatis akan muncul sebuah list driver yang sudah  di backup sebelumnya di halaman Restore. tandai driver mana saja yang akan anda restore, jika sudah siap dan benar, maka klik tombol Restore Now

7. Klik OK
Ini hanyalah pesan konfirmasi saja, bahwa anda akan melakukan restore system driver, dengan driver yang sudah di tentukan, Jika sudah Yakin dan Benar klik saja OK, dan jika anda masih ragu klik saja Cancel.

8. Tunggu sampai proses selesai,

Bagaimana mudah bukan ?, Proses Restore sama mudahnya bukan dengan proses Backup,
Itulah pembahasan kali ini mengenai Backup dan Restore Driver Windows, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

2 Responses to "Mudahnya Cara Membackup dan Restore Driver Windows"

  1. bolh minta link download softwarenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan, Blues Pedia tidak menyediakan link download program :D,
      kecuali program buatan Blues Pedia seperti program Subneting IP Class C

      Delete