Apa itu Firewall dan Fungsi dari Fitur Firewall

Firewall merupakan sebuah gerbang di dalam suatu jaringan, firewall juga berfungsi sebagai filter terhadap paket - paket yang masuk maupun keluar jaringan untuk menjaga keamanan jaringan dari pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab, yang ingin melihat, mengedit, sampai menyebarkan data yang ada dalam jaringan tersebut.
Firewall bekerja dengan menggunakan sistem aturan / konfigurasi tertentu, aturan inilah yang menentukan kondisi paket tersebut, jelasnya ketika ada paket IP lewat, firewall akan mencocokan data paket tersebut dengan aturan / konfigurasi yang sudah di buat sebelumnya, kemudian firewall akan menentukan nasib paket tersebut sesuai aturan. Selain itu juga, fungsi firewall bisa untuk mempercepat koneksi, layaknya lampu lalu lintas di jalan, karena firewall mengatur paket - paket yang datang.

Di Mikrotik untuk firewall memiliki 7 fitur, Seperti :
Fitur FirewallFungsi
Filter RulesUntuk memfilter paket yang masuk atau melewati router, lalu router akan menentukan langkah selanjutnya.
NATUntuk memetakan suatu IP address ke IP address lainya.
MangleUntuk menandai paket dengan sebuah tanda khusus sebagai identitas paket tersebut.
Service PortUntuk Mengaktifkan dan mengubah nomor port sebuah service
ConnectionUntuk mengetahui informasi dari suatu koneksi yang aktif, seperti IP address asal dan tujuan beserta port yang digunakan dan protokol yang di pakai.
Address ListUntuk mendefinisikan IP address ke dalam group tertentu
Layer_7_Protokoluntuk ini saya kurang paham, tapi Layer 7 Protokol bisa digunakan sebagai Blok situs dan limit bandwidth


Itulah sedikit penjelasan mengenai Firewall di Mikrotik, untuk lebih jelasnya silahkan klik linknya (warna biru) untuk penjelasan lebih lanjut dan tata cara penggunaanya.

Sekian dan Terimakasih telah berkunjung


2 Responses to "Apa itu Firewall dan Fungsi dari Fitur Firewall"

  1. thanks gan atas ilmunya sya akn bntu sebarkn situs blues pedia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, senang bisa membantu :D
      terimakasih atas bantuanya, jika ada hal yang ingin di tanyakan atau ada saran hub admin aja (Fast response via WhatsApp)

      Delete