Membuat Hotspot di Smartphone Android, Share Koneksi Internet Ke HP Lain

Konfigurasi / Mengaktifkan fitur hotspot di smartphone untuk membagikan koneksi internet ke smartphone lain, laptop, komputer, dan router mikrotik.

Hai sobat Blues Pedia, pada tutorial kali ini kita akan belajar cara membuat hotspot di HP / Smartphone yang sering kita bawa setiap hari, tujuan dari hotspot ini adalah kita bisa sharing koneksi internet ke perangkat lain, seperti HP dan laptop. Di sini saya menggunakan Samsung dan Asus dengan system operasi android, mengapa saya pilih ke dua merk dan system operasi tersebut ?, hal itu karena banyak pemakainya. Meskipun bisa di bilang tutorial sederhana, tapi tetap saya tulis dan publikasikan di Blues Pedia, hal itu karena nantinya tutorial ini akan berkaitan dengan tutorial / konfigurasi mikrotik selanjutnya dan semoga tutorial ini bisa bermanfaat OK baiklah berikut tutorialnya :

A. ASUS Zenfone
Untuk pengguna ASUS, masuk ke menu utama > lalu cari menu Setelan > Lainnya > Menambatkan & Hotspot Portabel > Hotspot Wi-fi > Siapkan hotspot wi-fi.
Di halaman konfigurasi hotspot wifi, isilah kolom yang ada sesuai keinginan kalian, berikut contohnya :
  • Nama Jaringan : Hotspot HP / Nama lainya untuk nama hotspot yang akan di gunakan
  • Keamanan : WPA2 PSK merupakan salah satu jenis keamanan wifi, pilih saja yang ini
  • Sandi : jika ingin menggunakan password isi saja kolom ini, tapi jika tidak mau kosongkan saja (di sarankan untuk menggunakan password, untuk keamanan)
B. Samsung J2 Prime
Yang ke dua saya menggunakan samsung J2 Prime, klik menu utama lalu carilah menu Pengaturan, Klik menu Koneksi > Hotspot seluler dan penambatan > Hotspot seluler > klik option yang ada di sebelah ujung kanan maka akan muncul 3 option, salah satunya klik Konfigurasi Hotspot seluler.
Sama halnya dengan ASUS, isi kolom yang ada sesuai keinginan anda berikut contohnya :
  • Nama Jaringan : Nama wifi / hotspot
  • Pengamanan : Jika bingung pilih WPA2 PSK
  • Kata Sandi : Password untuk hotspot
C. Samsung Grand Prime 
Untuk yang ke tiga, sama dengan poin 2 masih menggunakan smartphone samsung tapi dengan tipe yang  berbeda, Klik menu utama lalu cari menu Pengaturan > Penambatan dan Hotspot seluler > Hotspot Seluler > Option sebelah ujung kanan > Konfigurasi Hotspot.

  • SSID Jaringan : Nama Wifi Hotspot 
  • Pengaman : Type keamanan hotspot
  • Kata sandi : password untuk hotspot
Kesimpulan
Intinya jika kita ingin mengaktifkan hotspot di smartphone, carilah menu yang mengatur koneksi jaringan, dengan mengaktifkan fitur hotspot ini kita bisa membagikan / share koneksi internet ke perangkat lain seperti smartphone, laptop / komputer, bahkan router mikrotik. Untuk tutorial cara menghubungkan mikrotik dengan hotspot HP akan saya jelaskan di tutorial selanjutnya, sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, salam admin Blues Pedia.

0 Response to "Membuat Hotspot di Smartphone Android, Share Koneksi Internet Ke HP Lain"

Post a Comment