Cara Backup Otomatis Konfigurasi Mikrotik

Dengan menggunakan fitur script dan schedule, kita bisa membackup konfigurasi mikrotik secara otomatis sesuai keinginanan kita sendiri.

Membakup file mikrotik memanglah sangat di perlu untuk di lakukan, karena hal ini merupakan tindakan antisipasi dari hal-hal yang tidak di inginkan, contohnya seperti mikrotik error dan membuat kita harus mereset mikrotik, sehingga konfigurasi mikrotik pun hilang dan harus di konfigurasi ulang, pada saat ini lah file backup konfgurasi mikrotik sangat di perlukan, kita tidak perlu mengkonfigurasinya dari awal lagi, hanya restore file backup saja.

untuk cara membackup konfigurasi mikrotik itu sendiri, sudah saya bahas pada tutorial sebelumnya yaitu Backup & Restore Konfigurasi Mikrotik Via Winbox & Script (klik linknya untuk mempelajarinya), namun proses backup pada tutorial tersebut di lakukan secara manual, maka untuk itulah artikel ini di tulis. Pada artikel kali ini kita akan membahas Cara Backup Otomatis Konfigurasi Mikrotik, dengan cara ini kita bisa membackup konfigurasi mikrotik sesuai waktu yang telah kita tentukan, bisa setiap bulan, per minggu, per hari, per jam bahkan per menit pun bisa. Fitur yang di gunakan pada tutorial kali ini hanya fitur script dan scheduler saja, dan sudah saya bahas pada tutorial-tutorial sebelumnya, baiklah berikut pembahasannya :
Artikel Mengenai Fitur Script & Scheduler lainya :
Membuat Jadwal Shutdown Otomatis Mikrotik
Membuat Jadwal Blokir Otomatis Pada Jam Kantor
A. Membuat Script Untuk Membackup Konfigurasi Mikrotik
langkah pertama hal yang harus di lakukan adalah membuat sebuah script, dengan script ini maka system akan melakukan backup mikrotik, berikut cara membuatnya :
1. Membuat Script Baru
pada halaman utama mikrotik klik menu System > Script > Klik tanda +, untuk menambahkan

2. Isi Data yang di Butuhkan
Setelah itu isilah data yang diperlukan, seperti Name untuk nama dari script yang akan di buat, dan source dengan :
/system backup save name=Nama_File.backup

Keterangan script pada gambar :
/system backup save adalah perintah untuk membackup konfigurasi mikrotik
➥ name= adalah perintah untuk membuat nama dari file backup yang akan di buat
➥ BluesPedia.backup adalah nama file backup yang akan di buat (bisa di ganti sesuai keinginan)
Script di atas adalah script untuk membuat file backup dalam satu file saja, setiap kali system melakukan backup maka akan di simpan pada file yang sama (BluesPedia.backup), sehingga hanya akan ada satu file backup saja.

sedangkan untuk script di bawah ini, berfungsi untuk menyimpan file backup dengan file yang berbeda, sehingga setiap kali system melakukan backup, maka system akan membuat file backup baru dengan format (kalau tidak salah) Identity-Mikrotik_Waktu-File-Backup-Di-Buat, berikut scriptnya :
/system backup save
B. Membuat Schedule Untuk Menjalankan Script
Setelah anda membuat script untuk membackup, maka selanjutnya kita akan membuat schedule untuk mengaktifkan script tersebut, dengan fitur schedule ini kita bisa mengatur kapan system akan melakukan backup secara otomatis dan berikut cara membuatnya :

1. Membuat Schedule Baru
untuk membuat schedule baru, seperti biasanya pada menu utama winbox, klik menu System > Schedule > Klik tanda +, untuk membuat schedule baru.

2. Isi Data
pada halaman schedule baru isilah datanya sesuai keinginan anda, contohnya seperti ini :

Keterangan :
 Name : Nama dari schedule yang akan di buat
 Start Date : Tanggal mulai schedule akan di jalankan
 Start Time : Waktu schedule akan di jalankan
 Interval : pengulangan, setiap berapa kali sekali schedule ini akan di jalankan
 On Event : Nama script yang akan di jalankan
 OK : Jangan lupa klik Ok, untuk menyimpan konfigurasinya 
Kesimpulan :
Schedule "Auto_backup" akan mulai di jalankan pada tanggal 18 Februari 2017 dan pada jam 5 sore (17:00) dengan interval 1 minggu (7d), sehingga setiap satu minggu sekali tepat pada jam 5 sore system akan menjalankan script "Auto_Backup".
C. Hasil
berikut adalah screen shoot / gambar dari settingan yang telah di buat :
Lihat juga videonya ya | Durasi 06:32 Menit
Cara Backup Otomatis Konfigurasi Mikrotik
Bagaimana mudah bukan cara membuatnya ?, kini anda tidak perlu membackup konfigurasi mikrotik secara manual lagi, hanya tinggal monitoring saja. Untuk melengkapi tutorial ini, pada tutorial selanjutnya akan saya bahas Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis Ke Alamat Email, Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Backup Otomatis Konfigurasi Mikrotik"

Post a Comment