Pengenalan / Dasar Computer Windows 10

Pembahasan : Menyalakan Komputer / Laptop, Login Windows, Pengenalan Desktop Windows, Shortcut Icon Aplikasi, Background Windows, Start Menu, Task Bar.

Awalnya saya berpendapat bahwa semua orang di dunia ini sudah bisa mengoperasikan sebuah computer, namun hal itu tidak benar, ada beberapa orang yang tidak bisa mengoperasikanya, khususnya dengan system windows yang baru ini yaitu windows 10. Dalam hal ini saya membuatkan tutorial dasar bagi anda yang kesulitan ketika menjalankan windows 10 dan khususnya yang baru pertama kali menggunakan computer, namun tidak akan saya bahas di sini semuanya, nantinya akan ada tutorial-tutorial lanjutanya  yang saling berhubungan, dan berikut pembahasan pertama kita :
➣ Menyalakan Komputer / Laptop
➣ Login Windows
➣ Pengenalan Desktop Windows
➣ Shortcut Icon Aplikasi
➣ Background Windows
➣ Start Menu
➣ Task Bar

A. Menyalakan Komputer / Laptop
Untuk menyalakan computer / Laptop kita hanya perlu menekan tombol powernya saja, Untuk posisi dari tombol power tersebut beragam, tergantung dari merk dan tipe dari computer tersebut, umumnya tombol tersebut di lambangkan dengan :
Sumber Google Image
B. Login Windows
Setelah anda berhasil melakukan tahap A, maka secara otomatis system akan mengarahkan anda ke tampilan login windows, Namun karena pertama kali menggunakan dan login user pun tidak di password, maka tampilan login windows akan di lewati, dan berlanjut ke Desktop.

C. Pengenalan Desktop Windows 10
Desktop merupakan halaman utama di system windows, yang salah satu fungsinya untuk navigasi / shortcut dari beberapa fitur yang ada di windows, sehingga memudahkan user ketika menggunakan computer. Dan ini adalah tampilan desktop dari windows 10 :
Desktop Win 10
Bagian-Bagian Desktop Windows 10
Di sini saya membagi desktop windows menjadi 4 bagian : 
C1. Background
Background merupakan sebuah istilah untuk gambar yang terpasang pada layar desktop, contohnya yang anda lihat di gambar diatas ada sebuah gambar yang bertuliskan Blues Pedia.
(Pembahasan lengkapnya akan saya bahas pada tutorial selanjutnya).

C2. Shortcut Aplikasi
Shortcut adalah sebuah istliah untuk copyan / duplikat dari sebuah aplikasi, biasanya Shortcut di buat secara otomatis ketika kita menginstal sebuah aplikasi atau kita bisa membuatnya sendiri. Shortcut yang ada di Desktop bisa kita ubah pengaturanya seperti nama dari shortcut tersebut, caranya klik kanan salah satu shortcut yang ada, lalu pilih Rename, dan ubah namanya sesuai keinginan anda. Selain itu kita juga bisa mengandakanya lagi (copy) bahkan menghapusnya jika keberadaanya tidak begitu di perlukan. Ketika kita double klik shortcut, maka aplikasi dari shortcut tersebut akan berjalan.

C2.1 Edit Tampilan Shortcut Desktop
Jika anda merasa shortcut desktop kurang sesuai dengan keinginan anda atau menganggu kenyamanan, anda bisa mengatur shortcut desktop caranya klik kanan pada layar desktop yang kosong, maka akan muncul beberapa menu, salah satunya Menu View dan Sort By, berikut gambarnya

C2.1.1 Menu View
Jika kita arahkan kursor mouse ke menu view maka akan muncul sub menu :
➥Large Icons : mengubah ukuran shortcut menjadi besar
Medium Icons : Mengubah ukuran shortcut menjadi sedang / normal
Small Icon : Ukuran Shortcut menjadi kecil
Auto arrange icons : merapihkan shortcut secara otomatis
Align icons to grid : merapihkan shortcut secara manual
Show desktop icons : menampilkan shortcut di desktop

C2.1.2 Menu Sort By


Name : Menampilkan shortcut berdasarkan nama
Size : Menampilkan shortcut berdasarkan ukuran
Item type : Menampilkan shortcut berdasarkan nama
Date moditifed : Menampilkan shortcut berdasarkan nama

C3. Start Menu
Start Menu adalah sebuah interfaces pada system windows dimana isinya menampilkan sebuah menu dan shortcut yang bisa di gunakan untuk menjalankanya.  Di artikel ini saya bagi start menu menjadi 7 bagian :

C3.A. Account
Menu yang berfungsi untuk mengatur akun di windows, jika kita klik menu ini mempunyai 3 sub menu yaitu :
Change Account Setting : Berfungsi untuk mengatur akun windows, seperti buat baru, edit sampai hapus account.
Lock : mengunci akun windows yamg sedang di gunakan, jika kita klik Lock maka kita akan di arahkan ke halaman login user dan aplikasi yang sedang berjalan akan tetap berjalan tidak akan berhenti.
Sign Out : sama halnya dengan Lock, namun bedanya ketika klik sign out semua aplikasi yang sedang berjalan akan berhenti secara paksa.

C3.B. Most Used
Menu yang menampilkan navigasi aplikasi yang sering di gunakan, gunaya untuk mempermudah kita ketika ingin menjalankanya.

C3.C. File Explorer
Menu yang berfungsi untuk menampilkan sebuah halaman Windows Exlorer, Windows Explorer adalah sebuah halaman yang di gunakan untuk menjelajah data yang ada pada harddisk (tempat penyimpanan data). Jika kita klik tanda panah yang ada di sebelah kanan maka akan menampilkan, history data yang pernah kita buka sebelumnya.

C3.D. Settings
Menu yang akan mengarahkan kita ke pengaturan system computer.

C3.E. Power
Di dalam menu ini ada 3 sub menu yaitu :
Sleep : Di gunakan untuk mematikan sebagian sytem computer. Sleep bisa kita gunakan ketika kita ingin istirahat sejenak menggunakan computer dan akan menggunakannya kembali. Untuk menyalakanya kembali kita hanya perlu menekan tombol sembarang pada keyboard atau menggerakan mouse.
Shutdown : Mematikan total computer, umumnya di gunakan jika kita tidak akan menggunakan computer dalam waktu yang lama.
Restart : Mematkan total computer lalu menghidupkanya kembali secara otomatis, gunanya untuk merefresh / update system computer, biasanya di gunakan ketika kita sudah menginstall sebuah aplikasi baru / mengubah pengaturan system windows.

C3.F. All Apps
All Apps berfungsi untuk menampilkan semua aplikasi yang sudah terinstall dengan format abjad dari A sampai Z.

C3.G. Tile
Tile merupakan menu baru pada system windows, yaitu di windows 10 fungsinya untuk menampilkan sebuah navigasi aplikasi dalam bentuk potongan-potongan kotak kecil.

Mengubah Ukuran Start Menu
Berbeda dengan system windows sebelumnya yang start menu tidak bisa di ubah ukuranya, di windows 10, ukuran start menu bisa di ubah, caranya arahkan kursor mouse ke bagian pinggir start menu, kali klik (tahan) lalu geser untuk menyesuaikan ukuranya.

D. Task Bar
Salah satu interfaces windows yang sangat berguna, task bar berfungsi sebagai tempat untuk menampilkan aplikasi / fitur windows dalam bentuk icon. Setiap aplikasi yang sedang berjalan maka icon dari aplikasi tersebut akan tampil di taskbar. Tak hanya aplikasi yang sedang berjalan saja, kita bisa menambahkan aplikasi yang sering kita gunakan untuk di tambahkan di taskbar sehingga mempermudah kita ketika menjalankan sebuah aplikasi. Di windows 10 ada 3 aplikasi default yang di tambahkan di task bar, yaitu Start Menu, Search, dan Task View. Jika tampilan dari taskbar kurang begitu menarik, kita bisa mengubah penampilanya sesuai keinginan kita sendiri, mulai dari warna latar taskbar, ukuran icon aplikasi, ukuran taskbar, posisi taskbar, menyembunyikan taskbar dan hal lainya.
Catatan :
Pembahasannya akan saya bahas di artikel selanjutnya secara lengkap ditambah dengan penjelasan mengenai aplikasi Taskview dan Virtual Desktop / Multiple Desktop.
Artikel Terkait :
🔃Mengubah Background, Membuat Slide Show, Screen Saver pada Desktop, Start Menu Full Screen
🔃Moditifikasi Tampilan / Ukuran, Menambahkan Toolbar Baru Pada Taskbar
Saya rasa hanya itu saja yang bisa di jelaskan pada atikel kali ini, artikel ini adalah artikel dasar dari system operasi windows, khususnya windows 10, setelah artikel ini akan ada artikel-artikel lanjutanya, sekian dan terimakasih.

0 Response to "Pengenalan / Dasar Computer Windows 10"

Post a Comment