Pengaturan Mouse dan Keyboard + Fitur Perbaikan Ejaan Kata

Pembahasan : Pengaturan Mouse untuk Kidal, Mengatur kecepatan Scroll, Mengatur Kecepatan Mengetik Otomatis, Perbaikan Ejaan Kata, Mengatur kedipan Keyboard

Mouse dan keyboard merupakan sebuah device yang menjadi bagian dari sebuah computer, keberadaan mouse dan keyboard sangatlah di butuhkan pada pengoperasian sebuah computer, ibaratnya seperti tangan pada tubuh kita yang di gunakan untuk banyak hal. Salah satu fungsi mouse adalah untuk klik navigasi dan membuka sebuah dokumen, file, program dah hal lainya, sedangkan fungsi keyboard sebagain besarnya di gunakan untuk aktifitas mengetik / menulis sebuah dokumen atau hal lainya. Pada artikel kali ini kita akan membahas pengaturan di ke dua device ini, dengan harapan nantinya anda akan bisa mengatur / menyesuiakan pengaturan mouse dan keyboard dengan kondisi anda, contohnya bagi anda yang kidal.

A. Menyesuaikan Mouse
Untuk yang pertama akan kita bahas tentang pengaturan dasar dari sebuah mouse, Pertama buka terlebih dahulu halaman Mouse & Touchpad, caranya klik Start lalu klik Setting.
Di halaman Setting klik Icon ke dua "Device – Bluetooth, Printers, Mouse", lalu klik menu yang ke 4 "Mouse & Touchpad" pada halaman Device.
Membuka Mouse & Touchpad
Atau cara cepatnya klik Windows Search / Start lalu tuliskan “Mouse”, di hasil pencarian klik yang pertama "Mouse & Touchpad Settings"

Tampilan Mouse & Touchpad
Gambar di atas adalah isi / navigasi yang ada pada menu Mouse & Touchpad Settings, dan berikut penjelasanya :

A1. Mengatur Klik Utama Mouse / Select your primary button
Memilih bagian klik mana (kiri atau kanan) yang akan di jadikan klik utama, defaultnya klik utama mouse adalah Bagian Kiri dan bagian kanan hanya sebagai pelengkap saja, misalnya ketika klik kiri sebuah folder maka folder tersebut akan terbuka, sedangkan jika kita klik kanan maka akan muncul menu / navigasi yang tersedia untuk folder tersebut. 

Pengaturan Untuk Pengguna Kidal / Tangan Kiri
Bagi anda yang kidal / terbiasa dengan menggunakan tangan kiri dan merasa kurang nyaman dengan settingan default system window klik utama ada di bagian kiri, anda bisa mengganti klik utama menjadi di bagian kanan mouse dan klik kedua ada sebelah kiri, dengan begitu semua fungsi klik kiri akan berubah menjadi klik kanan dan fungsi klik kanan akan berubah menjadi klik kiri, contohnya jika sebelumnya untuk membuka sebuah folder kita harus klik kiri, maka kini kita harus menggunakan klik kanan.

A2. Mengatur Tipe Scroll Mouse / Roll the mouse wheel to scroll
Memilih tipe Roll / Gulung ketika kita scroll bola mouse, di sini ada 2 option :
  • Multiple Lines at a time : Menggulung sebuah halaman per garis, dengan menggunakan option ini ketika kita scroll ke bawah, maka halaman tersebut akan menggulung secara perlahan.
  • One screen at a time : Menggulung sebuah halaman per halaman, jika kita menggunakan option ini, maka halaman akan menggulung dengan cepat, bahkan bisa sampai ke bawah.
Catatan :
GARIS hanyalah sebuah istilah saja, karena bingung untuk menjelaskanya, intinya Sebuah halaman terdiri dari banyaknya garis,
A3. Mengatur Kecepatan Scroll Mouse / Choose how many lines to scroll each time
Navigasi ini akan muncul jika pada poin ke 2 kita memilih option Multiple Lines, dengan navigasi ini kita bisa mengatur banyaknya garis yang akan di gulung per satu kali scroll, interval yang tersedia dari 1 sampai 100, semakin tinggi angka yang di setting maka semakin cepat proses scroll sebuah halaman.

A4.Scroll Berdasarkan Posisi Kursor / Scroll inactive windows when I hover over them
Fungsi dari navigasi ini ketika Aktif “On” adalah kita dapat menggulung sebuah halaman program tanpa harus menjalankan / klik program tersebut, tinggal arahkan kursor mouse ke depan halaman program dan scroll roda mouse maka halaman akan menggulung.
Jika kita menonaktifkanya / Off, maka ketika kita ingin menggulung sebuah halaman program, kita harus menjalankan / klik program tersebut terlebih dahulu.

A5.Touchpad
Di gunakan untuk mengatur kecepatan respons klik mouse, Touchpad memiliki 4 option yaitu No Delay (Sangat cepat), Short delay (Cepat), Medium Delay (Biasa saja), Long Delay (Lambat).

A6.Settingan Lainya / Related Settings
Ini merupakan navigasi yang di gunakan untuk menampilkan pengaturan tambahan lainya, seperti mengganti icon kursor mouse contohnya ketika dalam keadaan normal, membuka aplikasi, mengatur lebar halaman, dan icon kursor lainya, mengatur kecepatan gerakan kursor, tampilan dari kursor dan pengaturan lainya.

B. Menyesuaikan Keyboard
Setelah kita membahas mengenai mouse, kini kita akan masuk ke pembahasan ke dua yaitu Keyboard. Sebelum memulai pembahasanya tampilkan terlebih dahulu halaman Keyboard Properties, caranya klik windows search / start lalu tuliskan “Keyboard”, di list hasil pencarian klik Keyboard sehingga akan muncul halaman keyboard properties seperti ini :

Tab Speed
Di tab Speed ada 3 pengaturan yang bisa kita ubah, berikut pembahasanya

B1. Repeat Delay
Menentukan seberapa lama anda menekan sebuah tombol sebelum memulai mengetik otomatis, contohnya ketika anda menekan sebuah tombol a pada keyboard pada sebuah dokumen (missal Ms. Word) dalam waktu yang lama, maka system akan mulai untuk mengetik a sebanyak mungkin tergantung dari lamanya anda menekan tombol a. Repeat delay mengatur seberapa lama anda menekan tombol a, baru system akan memulai pengetikan otomatis.

B2. Repeat Rate
Menentukan seberapa cepat system mengetikan sebuah tombol secara otomatis,  di sini kita bisa menagatur kecepatan mengetik computer.

B3. Preview Repeat Rate
Kotak ini berfungsi sebagai kotak percobaan dari Repeat Delay dan Repeat Rate, untuk mencobanya pertama atur terlebih dahulu repeat delay atau repeat rate lalu klik apply, setelah itu cobalah dengan menekan salah satu tombol keyboard di kotak tersebut.

B4. Cursor Blink Rate
Menentukan kecepatan kursor berkedip pada sebuah dokumen, contohnya atau hasil dari pengaturan ini bisa anda lihat secara langsung di sebelah kata None tanpa harus klik Apply terlebih dahulu. 

Tab Hardware
Tab hardware merupakan sebuah tab yang menampilkan infomasi mengenai keyboard yang anda gunakan, mulai dari nama keyboard, driver sampai port yang di gunakan.
Di sini saya menggunakan 2 Keyboard :
  • HID Keyboard Device : Merupakan keyboard pihak ke tiga / bukan bawaan dari Laptop, yang terhubung melalui port USB.
  • Standard PS/2 Keyboard : Keyboard bawaan dari laptop yang saya gunakan, dan terhubung melalui port PS/2

C. Typing
Sebagai tambahan dan pelengkap untuk artikel ini, saya sertakan pembahasan mengenai Typing, pertama tampilkan halaman typing dengan cara klik windows search / start lalu tuliskan typing lalu klik Typing Setting pada list hasil pencarian, dan berikut adalah tampilan dari menu Typing :

C1. Autocorrect Misspelled Words
Berfungsi untuk memperbaiki ejaan sebuah kata secara otomatis, baik salah penulisan maupun kurang huruf, Misalnya ketika kita menuliskan kata “Indnesia”, maka secara otomatis computer akan melengkapi kata tersebut menjadi “Indonesia”.

C2. Highlight Misspelled Words
Berfungsi untuk menandai ejaan kata yang salah.

Itulah pembahasan kita kali ini mengenai pengaturan Mouse, Keyboard dan pembahasan tambahnya Typing. Di artikel selanjutnya akan ada pembahasan lebih lengkap mengenai Mouse, seperti yang saya jelaskan pada poin A6, saya akan membahas mengenai menu Related Setting pada mouse, sebagai gambaran saja menu ini bisa kita gunakan untuk mengatur tampilan dari icon kursor mouse, jadi terus kunjungi catatan windows untuk artikel menarik lainya.
Jangan lupa untuk SHARE semua artikel yang sedang kalian baca, karena jika anda share artikelnya, secara tidak langsung anda berpartisipasi untuk mengembangkan blog ini dan menjadi penyemangat bagi admin untuk terus menulis artikel yang lengkap dan menarik.
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, :D

0 Response to "Pengaturan Mouse dan Keyboard + Fitur Perbaikan Ejaan Kata"

Post a Comment