5 Jenis Akun Win 10 & Cara Membuatnya (Akun Microsoft & Guest)

Pembahasan : Cara Mengaktifkan Akun Microsoft dan Guest, 4 Jenis Akun Local (Administrator, Adminnistratif, Standard, Guest)

Berbeda dengan versi-versi windows sebelumnya yang hanya memiliki sebuah akun local saja, akun yang hanya bisa di akses pada computer / perangkat yang sama, di windows 10 ada sebuah akun yang bisa kita akses di perangkat mana saja, sehingga file / dokumen yang kita simpan pada akun tersebut bisa kita akses di mana saja dan kapan saja, tidak tergantung pada satu perangkat saja, tapi untuk menggunakan akun ini tentunya kita harus memiliki koneksi internet. Selain akun tadi ada akun lainya yang bisa kita gunakan namun sifatnya local, berikut pembahasan lengkapnya :

A. Akun Microsoft

Inilah jenis akun yang saya jelaskan tadi, untuk menggunakan akun microsoft anda memerlukan sebuah koneksi internet, bagi anda yang belum punya jenis akun ini, anda bisa membuatnya sendiri dengan syarat mempunyai sebuah alamat email yang valid. Anda bisa menggunakan akun yang sudah ada, seperti akun yang anda gunakan untuk Office 365 atau layanan email pihak ke-tiga seperti Gmail dan Yahoo.

A1. Cara Membuat Microsoft Account
1. Add Microsoft Account
Untuk menambhkan akun  microsoft, klik start lalu tuliskan "Accou", lalu di hasil pencarian klik "Manage Your Account". Di halaman Account klik menu Family & Other User, dan setelah itu cari dan klik navigasi Add someone else to this PC.

2. Isi Email
Tuliskan alamat email akun microsoft anda, jika tidak ada tuliskan saja alamat email gmail/ yahoo lalu klik next.

Jika alamt email yang anda tuliskan belum terdaftar, maka klik navigasi yang ada di bawahnya "Sign Up ...."

3. Isi data yang di perlukan
Tuliskanlah alamat email yang akan di daftarkan pada kolom pertama, untuk kolom ke dua tuliskan password untuk akun microsoft anda dan sedangkan kolom ke tiga isi dengan wilayah anda.

4. Option lanjutan
Ini adalah option lanjutan dari akun microsoft anda, silahkan pilih sesuai keinginan anda

5. Tuliskan Password Komputer anda
Pada halaman ini tuliskanlah password komputer anda, jika tidak menggunakan password, biarkan saja kosong lalu klik next.

6. Skip this Step
Windows menyarankan anda untuk menggunakan kode PIN untuk mengamankan komputer anda, untuk Setting PIN, klik saja Set a PIN dan ikuti langkah selanjutnya, jika tidak klik saja Skip this step dan proses pembuatan akun microsoft pun selesai

B. Akun local
Akun local adalah akun yang tidak memerlukan koneksi internet, berbeda dengan akun microsoft yang dalam satu computer hanya bisa di setting satu buah akun saja, sedangkan akun local dalam satu buah computer, bisa anda buat sebanyak yang anda butuhkan. Akun local ini sangat bermanfaat jika computer yang anda gunakan, di gunakan lebih dari satu user.

Contohnya di sini saya memiliki 3 akun local, satu untuk untuk saya dengan jenis akun administrative, akun yang ke dua untuk adik saya dengan jenis akun standar, dan akun yang ketiga akun untuk tamu / orang yang meminjam computer dengan jenis akun standar. 
Untuk akun local terbagi menjadi 4 jenis akun, berikut pembahasanya :

a. Akun Administrator terintegrasi (Built-in)
Merupakan jenis akun yang sangat istimewa, bagaimana tidak dengan akun ini anda bisa melakukan apapun yang anda inginkan pada system computer, tidak hanya user saja yang dapat melakukan perubahan, program yang anda gunakan ketika menggunakan akun ini dapat melakukan perubahan pada system computer tanpa sepegetahuan anda, sehingga sangat berbahaya bagi keamanan computer. Maka dari itu akun administrator ini tidak bisa di gunakan oleh sembarang orang dan tidak bisa digunakan pada mode normal, akun ini hanya bisa di gunakan pada safe mode saja (sebuah kondisi dimana tidak ada aplikasi apapun yang terinstall di sana, hanya aplikasi bawaan system saja).

b. Akun Administratif
Akun administratif bisa di katakan sebagai akun turunan dari akun administrator, karena kemampuanya yang sangat mirip, dengan akun ini anda bisa mengubah settingan computer sesuai keinginan anda tapi pada batasan tertentu, dengan akun ini jika ada perubahan pada sebuah program maka program tersebut akan memberitahu user sebagai permintaan izin apakah di perbolehkan atau tidak contohnya Update program.

Ketika anda menggunakan computer pada mode normal, ketika itulah anda menggunakan akun administrative ini, akun ini bisa anda setting sesuai keinginan anda sendiri, mulai dari membuat baru, edit, memberi password, bahkan sampai menghapus akun ini (jika lebih dari satu), tak hanya mengubah settingan akun ini saja, akun administratife bisa di gunakan untuk mengubah pengaturan user lainya.

c. Akun standar
Hampir sama dengan akun administrative, akun standar ini digunakan pada mode normal, bisa di buat, edit, hapus, dan setting password akun itu sendiri, perbedaanya hanya pada hak akses saja, dimana akun standar ini tidak bisa melakukan perubahan apapun di system computer, akun ini hanya di gunakan untuk menjalankan sebuah program saja seperti Windows Explorer, window media player, Microsoft office, bermain game dan hal lainya.

Akun standar bisa anda gunakan untuk orang yang sering menggunakan computer dan penggunaanya pun hanya menjalankan sebuah program saja, contohnya adik anda yang mungkin kurang paham dengan system computer dan untuk menghindari perubahan pada system computer yang tidak di sengaja.

d. Akun Guest
Sama halnya dengan akun standar, akun guest ini hanya bisa di gunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi saja, dan akun guest ini tidak di izinkan untuk mengubah settingan dari akun guest dan akun lainya, seperti nama dari akun, icon akun, sampai password akunya. Akun ini di sarankan hanya untuk orang yang meminjam computer saja. Defaultnya akun ini sudah ada namun belum aktif, untuk mengaktifkanya :

➽ Mengaktifkan Akun Guest
1. Searching
Pertama tampilkan halaman Computer Management, dengan cara klik windows search lalu tuliskan “Computer”, di list hasil pencarian klik “Computer Management”

2. Folder Users
Di halaman computer management, lihatlah ke sebelah kiri di sana akan ada sebuah menu, di antara menu tersebut klik menu System Tools > Local User and Groups dan klik folder Users.

3. Klik kanan Guest
Di folder user anda akan melihat 4 user default, salah satunya Guest, double klik Guest untuk menampilkan pengaturan dari akun ini atau klik kanan lalu pilih properties.

4. Hilangkan tanda Checklist
Untuk mengaktifkan akun guest hilangkan tanda checklist pada Account is disabled, lalu klik OK.

➽ Setting Password Akun Guest
1. Klik Kanan Guest
Klik kanan pada akun Guest lalu pilih Set password

2. Klik Proceed
Ini hanyalah sebuah notice saja, klik saja Proceed

3. Tuliskan Password
Tuliskan password untuk akun guest pada kolom New Password dan kolom confirm password, jika sudah klik OK.

Itulah penjelasan kita kali ini mengenai jenis-jenis akun yang ada pada windows 10, di artikel berikutnya akan saya bahas cara membuat akun administrative dan akun standar, tapi tidak hanya cara membuatnya saja, akan saya bahas juga cara mengeditnya seperti setting nama dan gambar akun, setting password, mengubah jenis akun dari standar ke administratif dan sebaliknya sampai cara menghapusnya, jangan lupa share ya :D, sekian dan terimakasih.

0 Response to "5 Jenis Akun Win 10 & Cara Membuatnya (Akun Microsoft & Guest)"

Post a Comment