Cara Mudah Ubah Nama System Komputer dan Account Windows

Ketika anda membeli sebuah laptop / notebook baru pastinya laptop yang anda beli akan di install sistem operasi yang di butuhkan oleh penjaga toko sebagai service gratis, khususnya windows. Ketika proses instalasi ada sebuah proses dimana windows akan menanyakan siapa nama dari pemilik laptop ini, bagi sebagian teknisi komputer hal ini adalah hal yang biasa saja sehingga tanpa menanyakannya kepada anda sebagai pemilik laptop, mereka menuliskan nama sesuai keingianan mereka atau sesuai prosedur toko yang biasanya di beri nama user.

Namun terkadang kita sebagai pemilik laptop merasa terganggu dengan nama pemberian teknisi tersebut, seperti merasa minder karena orang lain menganggap laptop tersebut bukan milik kita melainkan milik orang lain atau laptop sewaan, bagi anda yang merasa demikian ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengubah nama tersebut menjadi nama kita sendiri, sebelum kita membahasnya ada satu hal yang harus anda perhatikan dan pahami yaitu perbedaan nama komputer dengan nama account windows, perbedaanya yaitu :
  • Nama account windows hanya sekedar penamaan biasa saja, artinya tidak ada hubunganya dengan system, sedangkan nama komputer, penamaanya sangat berhubungan dengan system,
  • Nama Account Windows bisa di buat lebih dari 1, sedangkan nama komputer tidak bisa, hanya satu saja.
  • Nama account bisa berubah-ubah tergantung dari account yang di gunakan, sedangkan nama komputer tidak berubah, apapun jenis dan nama account yang di gunakan, nama komputer akan tetap sama.

Ibaratnya seperti kita bekerja di sebuah perusahaan yang tentunya mempunyai nama (dalam hal ini nama komputer), dan kita sebagai pekerjanya (nama account) ketika berhubungan dengan dunia luar, seperti perusahaan lain (sebut saja A), pasti yang di perhatikan adalah nama perushaan bukan nama kita sebagai pekerja, ketika kita tidak masuk maka hubungan dengan perusahaan A akan di wakilkan dengan orang lain, namun ini tidak akan berpengaruh  karena masih satu perusahaan, intinya walaupun berganti-ganti orang tetap saja nama perusahaan kita tempat kita bekerja tidak akan berubah.

Bagaimana penjelasanya ?, baiklah berikut cara mengubah nama account windows dan komputer :

A. Menganti Nama Account Windows
1. Klik menu start (Logo windows), lalu klik Icon gambar account user (ada di pokok kanan atas)
(Klik gambar untuk memperbesar)

2. Dan secara otomatis akan terbuka halaman konfigurasi account seperti ini :
di antara menu dan navigasi link yang ada, klik Change your account name

3. Setelah itu tuliskan nama account yang anda inginkan, jika sudah klik Change name
Klik Change Name
Hasilnya
B. Mengubah Nama Komputer
Untuk mengubah nama komputer, hal pertama yang perlu di lakukan adalah :
1. Di tampilan desktop klik menu start (logo windows), lalu klik kanan Computer dan pilih Properties, sehingga akan muncul tampilan seperti ini :

2. Di tampilan ini coba perhatikan ke arah kanan tengah, di situ akan akan terlihat sebuah navigasi "Change Setting" yang di gunakan untuk mengatur settingan windows, dan jika kita klik maka akan tampil kotak System Properties.

3. Di System Properties, klik tab Computer name lalu klik change (Sebelah kanan bawah)

4. Ubah dan tuliskan nama komputer menjadi nama yang anda inginkan di kolom Computer Name, Jika sudah klik OK dan Ok lagi

5. Agar settingan yang baru kita ubah bisa berfungsi, restart komputer anda, lalu cek nama komputer anda.


C. Mengubah Nama Komputer Melalui Regedit
# sebelum tips ini di mulai, cek terlebih dahulu nama komputer anda caranya, klik start lalu tuliskan winver, sehingga akan muncul tampilan serpeti ini :

1. Pertama buka halaman regedit terlebih dulu, caranya klik start lalu tuliskan regedit dan tekan enter,
Jika muncul notifikasi seperti ini klik saja Yes, tujuanya agar kita bisa membuka fitur regedit

2. Di bagain sebelah kiri anda akan melihat sebuah baris folder, salah satunya dan klik HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion

3. Di dalam folder Current Version akan terdapat sebuah list file dan folder, carilah file RegisteredOwner, jika sudah ketemu double klik file tersebut, sehingga muncul kotak seperti ini :

4. Di kotak tersebut (Kolom Values Data) tuliskan sebuah kata yang akan di jadikan nama untuk komputer, jika sudah klik OK

5. Selesai, sekarang anda tinggal mengeceknya saja, caranyanya pun sama dengan tahap sebelumnya (#)

Bagaimana mudah bukan ?, baiklah hanya itu saja yang bisa saya berkan pada artikel kali ini, semoga bermnafaat, LIKE Fans Page kami Ya.

0 Response to "Cara Mudah Ubah Nama System Komputer dan Account Windows"

Post a Comment