Akibat Dari Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows Firewall

Windows firewall merupakan sebuah fitur keamanan windows dalam dunia jaringan komputer yang berfungsi untuk mengecek dan memantau semua paket yang keluar masuk dari dan ke jaringan pribadi (komputer yang anda gunakan), firewall akan mengecek satu per satu paket yang datang, dan menentukan nasib selanjutnya dari paket tersebut, apakah akan di izinkan untuk melanjutkan perjalananya atau cukup sampai di situ saja, pengecekan ini tergantung dari kriteria keamanan yang sudah di tentukan, salah satu tugas utamanya yaitu melindungi jaringan private / komputer anda dari serangan virus, malware, hacker atau hal lainya yang bisa membahayakan / menganggu keamanan user ketika mengunakan komputer.

Namun di balik fungsinya itu, firewal bisa menganggu atau bahkan memblok koneksi antar user di dalam sebuah jaringan pribadi yang sama (LAN), contohnya sharing data dan sharing printer, jika anda mengalami masalah ini, anda bisa menonaktifkan funsi dari firewall ini, sehingga anda bisa melakukan sharing printer dan data, untuk caranya berikut pembahasanya :

1. Pertama buka halaman Control Panel, caranya klik menu start (Logo windows), lalu klik menu Control Panel di sebelah kanan menu start.

2. Jika sudah, maka akan muncul tampilan control panel (kurang lebihnya), seperti ini dalam mode category :

lalu tuliskan firewall di kolom pencarian control panel, sehingga akan muncul hasil pencarian seperti ini :
Klik windows firewall

3. Lihatlah ke sebalah kiri, di sana anda akan melihat beberapa menu, diantara menu tersebut klik Turn Windows Firewall on or off

4. Ini adalah halaman pengaturan windows firewall, anda bisa melihat ada 2 option yaitu :
  • Home or Work (private) network location settings: Pengaturan yang digunakan hanya untuk jaringan pribadi saja (LAN) seperti jaringan kantor dan sekolah
  • Public Network location settings: sedangkan yang ini di gunakan untuk jaringan umum yaitu ketika anda berkomunikasi dengan jaringan internet

5. Dan di dalam masing-masing option, ada option tambahan yaitu :
  • Turn On Windows Firewall : Untuk mengaktifkan fungsi dari windows firewall
  • Block all incoming connections including those in the list of allowed programs : Jika anda mengaktifkan fungsi ini, maka semua koneksi / komunikasi yang memaksa masuk ke komputer anda akan diblok tanpa terkecuali, hal ini bisa menjadi perlindungan awal dari serangan virus yang bertebaran di internet, sehingga virus tidak mudah masuk ke komputer.
  • Notify me when windows firewal blocks a new program : Dengan mengaktifkan fungsi ini maka anda akan di beritahu jika ada program baru yang di blok oleh firewall, sehingga anda dapat menetukan apakah boleh / tidak program tersebut menjalankan perjalananya.
  • Turn off windows firewall (not recommended) : Dan untuk yang terakhir ini, adalah untuk mematikan fungsi dari firewall.
6. Dan sekrang tergantung anda, apakah anda ingin menjalankanya atau tidak, jika ya pilih option no 1, lalu pilih apakah anda ingin menambahkan fitur lainya, jika ya tandai salah satu atau kedua option tersebut (Block all dan Notify), tapi jika anda ingin tidak mengaktifkanya makapilih option yang ke 4 (Turn off Windows Firewall), dan jika sudah klik OK

Itukah sedikit pembahasan mengenai fungsi dari firewall, memang di balik fungsinya yang sudah sangat bagus windows firewall bisa menganggu koneksi LAN, salah satu yang sering terjadi adalah koneksi sharing data. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Akibat Dari Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows Firewall"

Post a Comment